Kompas.com - 15/03/2015, 10:12 WIB
Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama (kiri) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) dalam peluncuran branding 'Negeri Sejuta Pelangi' bagi Belitung Timur, di Gantung, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (14/3/2015). ARSIP PUSKOM PUBLIK KEMENTERIAN PARIWISATABupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama (kiri) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) dalam peluncuran branding 'Negeri Sejuta Pelangi' bagi Belitung Timur, di Gantung, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (14/3/2015).
|
EditorI Made Asdhiana
GANTUNG, KOMPAS.com- Di tengah derasnya arus wisatawan yang datang ke Pulau Belitung, terjadi ketimpangan pariwisata antara dua kabupaten yang ada di pulau ini, Kabupaten Belitung (sering disebut juga Belitung barat) dan Kabupaten Belitung Timur.

"Di Belitung barat sudah banyak hotelnya. Di sini, sampai saya mau selesai jadi bupati, belum ada hotel," kata Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama saat meluncurkan branding "Negeri Sejuta Pelangi" bagi Belitung Timur, di Gantung, Belitung, Sabtu (14/3/2015).

Padahal, lanjut adik Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ini, di Belitung Timur ada 38 obyek wisata. Wisata di kabupaten ini ingin dikembangkan sebagai "sweet escape" bagi orang perkotaan.

"Harapannya orang ke sini hilang stresnya. Di sini tidak ada polusi. Hati menjadi nyaman," tuturnya.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Suasana Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Belitung, Selasa (12/4/2011). Pulau Belitung terkenal dengan keindahan lokasi wisata pantai pasir putih berbatu granit artistik.

Belitung Timur memiliki sisi wisata seni budaya, wisata pantai, dan wisata sungai. "Wisata sungai ini akan dikembangkan dan sering terlupakan," katanya.

Pengembangan lainnya adalah area seluas 65,9 hektar di Kecamatan Gantung dibangun sebuah kawasan terintegrasi antara hotel, ruang konvensi, sampai tempat hiburan. Pada Sabtu (14/3/2015), peletakan batu pertama untuk pembangunan hotel pertama di Belitung Timur dilakukan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menko Kemaritiman Dwisuryo Indroyono Soesilo.

Pembangunan lain adalah marina di Kecamatan Manggar. Menurut Basuri, marina diresmikan pada Oktober tahun ini. "Jadi sudah bisa untuk Sail Tomini tahun ini dan Sail Selat Karimata tahun 2016. Kami harapkan Manggar bisa jadi tuan rumahnya," kata Basuri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X