Kompas.com - 17/03/2015, 09:03 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
MAGELANG, KOMPAS.com - Ini lah acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggila durian di Magelang, Jawa Tengah, dan sekitarnya. Festival Durian Candimulyo akan kembali dihelat 19-21 Maret 2015. Berbagai kegiatan yang berhubungan "King of Fruits" itu akan digelar pada festival tahunan itu.

Menurut Tri Agung Sucahyono, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Magelang, pada festival ini akan ada ratusan hingga ribuan durian kualitas terbaik hasil budidaya petani durian di Kecamatan Candimulyo. "Durian-durian itu nantinya akan disajikan di sepanjang jalan di Kecamatan Candimulyo dan bisa dibeli masyarakat langsung," ujar Tri, Senin (16/3/2015).

Menurut Tri, festival ini merupakan kegiatan tahunan sebagai wujud syukur sekaligus perayaan panen buah durian yang selalu melimpah di Candimulyo. Selain itu, festival ini juga sekaligus untuk mengangkat buah durian lokal Magelang yang mempunyai kualitas baik dan tidak kalah dengan durian di daerah lainnya. "Puncak acara akan dipusatkan di lapangan Candimulyo pada 20 Maret 2015. Akan ada kirab tiga gunungan buah durian dan buah-buahan eksotis lainnya dari tiga desa di Candimulyo. Menariknya, festival ini juga akan digelar lomba gede-gedean buah durian," katanya.

Sekretaris Panitia Festival Durian Candimulyo 2015, Budi, mengemukakan beberapa rangkaian kegiatan menarik juga akan diselenggarakan pada festival ini. Antara lain, bazar aneka makanan olahan berbahan baku daging buah durian, bunga hingga isi (pongge) durian.

Budi melanjutkan, bazar tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa buah durian tidak hanya bisa dinikmati secara langsung akan tetapi juga dapat diolah menjadi beragam makanan lezat. "Misalnya, bunga durian bisa digunakan untuk sayur dan abon rasa durian, kemudian pongge durian menjadi permen coklat, serta daging durian untuk wingko durian, kick durian, puding, dan lainnya," katanya.

Kecamatan Candimulyo yang berada di kaki Gunung Merbabu itu merupakan salah satu sentra buah durian dan buah-buahan eksotis di Kabupaten Magelang. Ada sekitar 12.000 pohon durian yang ditanam oleh warga, baik di lahan pertanian yang dikelola gabungan kelompok tani (Gapoktan) maupun di halaman rumah warga. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.