Kompas.com - 17/03/2015, 18:05 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KALAU Anda seorang backpacker yang hobi mendaki gunung, sebaiknya benar-benar mengerti panduan keselamatan jalan-jalan dan pendakian. Berikut adalah tips sederhana untuk merancang jalur perjalanan:

Pertama, Anda dapat mencari jaringan jalan. Jaringan jalan adalah dengan melakukan pemetaan jalur mana yang akan ditempuh. Sekarang banyak layanan peta online yang dapat digunakan. Anda dapat menentukan tempat mana yang akan didatangi.

Biasanya suatu gunung memiliki beberapa jalur pendakian. Kenali jalur pendakian yang sesuai kemampuan Anda. Untuk gunung di Indonesia kadang informasi yang tersedia sangat minim. Cari tahu melalui komunitas pendakian atau hubungi pemerintah daerah setempat.

Kedua, adalah mempersiapkan anggaran. Anggaran sangat penting karena dapat menentukan berapa lama perjalanan.

Ketiga, adalah mencari tahu tentang rute yang dilewati. Hal ini juga penting karena kita dapat mengestimasi waktu yang dibutuhkan.

Keempat, adalah melihat masyarakat sekitar. Kita dapat menggali tempat-tempat yang menarik dengan melihat masyarakatnya. Dekat dengan masyarakat setempat biasanya banyak memberikan keuntungan untuk kita. Seperti penginapan gratis, pemandu, serta jaringan masyarakat yang bisa digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.