Genjot Pariwisata, Pemkab Kediri Gandeng Camat dan Kepala Sekolah

Kompas.com - 18/03/2015, 14:47 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
KEDIRI, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, Jawa Timur, terus berupaya mengintegrasikan segenap elemen yang ada untuk mengembangkan pariwisata, serta memperkuat promo pada sasaran pengguna pariwisata potensial. Di antara langkah tersebut adalah dengan menggandeng camat dan kepala sekolah.

Pada tataran pihak camat diharapkan terbangun koordinasi yang baik dan adanya sinergitas informasi kepariwisataan yang ada pada masing-masing wilayahnya. Begitu juga pada kepala sekolah, agar ada pemahaman atas potensi wisata daerah. Pemahaman itu nantinya diharap menjadi bekal pertimbangan sekolah dalam membuat kebijakan yang dapat diaplikasikan pada program seperti darma wisata dengan penekanan destinasi wisata lokal.

Untuk itu, Disbudpar Kediri membuat program "direct promotion" yang didesain seperti pasar dengan konsep mempertemukan secara langsung antara pelaku pariwisata dan pengguna pariwisata. Dari situ memungkinkan terjadinya transaksi langsung dari kedua belah pihak.

Disbudpar Kediri mempertemukan camat maupun kepala sekolah dengan elemen penyedia jasa pariwisata dari berbagai sektor semisal wisata pendidikan, alam, maupun lainnya. Para penyedia jasa tersebut memamerkan dan mempresentasikan langsung produknya. "Dari situ, kepala sekolah misalnya, dapat melihat apa saja potensi wisata lokal yang ada sekaligus bisa memilih sesuai kebutuhannya," kata Nadlirin dari Bidang Pemasaran Disbudpar Kabupaten Kediri kepada KompasTravel, Rabu (18/3/2015).

Langkah-langkah tersebut, tambah Nadlirin, merupakan bagian dari rangkaian program Disbudpar untuk menggairahkan pariwisata usai meletusnya Gunung Kelud tahun lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.