Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Pariwisata, Pemkab Kediri Gandeng Camat dan Kepala Sekolah

Kompas.com - 18/03/2015, 14:47 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, Jawa Timur, terus berupaya mengintegrasikan segenap elemen yang ada untuk mengembangkan pariwisata, serta memperkuat promo pada sasaran pengguna pariwisata potensial. Di antara langkah tersebut adalah dengan menggandeng camat dan kepala sekolah.

Pada tataran pihak camat diharapkan terbangun koordinasi yang baik dan adanya sinergitas informasi kepariwisataan yang ada pada masing-masing wilayahnya. Begitu juga pada kepala sekolah, agar ada pemahaman atas potensi wisata daerah. Pemahaman itu nantinya diharap menjadi bekal pertimbangan sekolah dalam membuat kebijakan yang dapat diaplikasikan pada program seperti darma wisata dengan penekanan destinasi wisata lokal.

Untuk itu, Disbudpar Kediri membuat program "direct promotion" yang didesain seperti pasar dengan konsep mempertemukan secara langsung antara pelaku pariwisata dan pengguna pariwisata. Dari situ memungkinkan terjadinya transaksi langsung dari kedua belah pihak.

Disbudpar Kediri mempertemukan camat maupun kepala sekolah dengan elemen penyedia jasa pariwisata dari berbagai sektor semisal wisata pendidikan, alam, maupun lainnya. Para penyedia jasa tersebut memamerkan dan mempresentasikan langsung produknya. "Dari situ, kepala sekolah misalnya, dapat melihat apa saja potensi wisata lokal yang ada sekaligus bisa memilih sesuai kebutuhannya," kata Nadlirin dari Bidang Pemasaran Disbudpar Kabupaten Kediri kepada KompasTravel, Rabu (18/3/2015).

Langkah-langkah tersebut, tambah Nadlirin, merupakan bagian dari rangkaian program Disbudpar untuk menggairahkan pariwisata usai meletusnya Gunung Kelud tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com