Kompas.com - 18/03/2015, 16:11 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Selain sebagai tempat rekreasi, ternyata pantai memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Demikian hasil sebuah studi yang terbit dalam Journal of Environmental Psychology.

"Studi telah membuktikan wisata alam seperti pantai memiliki lebih banyak manfaat ketimbang pusat kebugaran, atau pusat-pusat hiburan urban," ujar J.Aaron Hipp, Ph.D, salah satu peneliti dikutip dari Medical Daily. Manfaat apa sajakah itu?

Sinar matahari berikan vitamin D

Kita semua tahu, terlalu sering kulit terekspor sinar mata sangat tidak baik untuk kesehatan. Walau demikian, sinar matahari tetaplah memiliki khasiat.

Saat kulit terekspos sinar matahari, tubuh kita memproduksi vitamin D, 'alat' yang sangat berperan penting dalam penyerapan kalsium dan pembentukan tulang kuat. Menurut Mayo Clinic, 10 menit terekspos sinar matahari menyediakan dosis vitamin D cukup untuk sehari.

Sementara itu Vitamin D Council menyebut tubuh dapat memproduksi 10 ribu sampai 25 ribu IU vitamin D saat Anda berjemur hingga warna kulit Anda sedikit kemerahmudaan. Selain itu sinar matahari dapat meningkat produksi endorfin dan melindungi tubuh dari penyakit autoimmune.

Supaya kulit tetap terlindungi, jangan lupa oleskan kulit dengan sunscreen ber-SPF (sun protection factor) 15 atau lebih.

Berjalan di pasir kuatkan otot kaki

Sebuah studi menunjukkan berjalan atau berlari di atas pasir membutuhkan energi 1,6 sampai 2,5 lebih banyak daripada berjalan di atas permukaan solid. Maka, berjalan di atas pasir baik untuk menguatkan otot kaki Anda.

Tak hanya itu. Ada baiknya Anda berjalan di atas pasir tanpa menggunakan alas kaki. Menurut Martin Zuncker, penulis buku "Earthing: The Most Important Health Discovery Ever?", berjalan tanpa alas kaki dapat menghantarkan energi penting pembangkit mood dari bumi masuk ke dalam tubuh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.