Kompas.com - 19/03/2015, 13:26 WIB
EditorI Made Asdhiana

WISATAWAN mancanegara yang ingin menikmati suasana sepi, hening, dan damai datanglah ke Bali saat umat Hindu melaksanakan Tapa Brata Penyepian menyambut Tahun Baru Saka 1937, Sabtu (21/3/2015).

Bali yang dijuluki Pulau Surga kehidupan saat itu sunyi senyap bagai pulau mati tanpa penghuni karena saat itu masyarakat Hindu Bali melarang segala aktivitas warga, baik di dalam maupun luar rumah.

Bahkan, malam harinya gelap gulita karena tidak seorang pun diizinkan menyalakan lampu, atau lampu tidak sampai bersinar ke luar rumah. Suasana demikian sangat mendukung bagi mereka yang senang melakukan meditasi atau yoga untuk mendapatkan ketenangan batin.

"Suasana itulah sebenarnya dinanti-nantikan oleh masyarakat internasional karena kondisi itu tidak ada duanya di belahan dunia selain di Bali," tutur pengamat dan pelaku pariwisata Bali Dewa Rai Budiasa.

Menurut pria kelahiran Gianyar yang pernah bertugas di Kedutaan RI di Jerman itu, sebenarnya banyak turis asing yang justru ingin tahu dan menikmati sunyi dan gelap gulita pada malam tahun baru saka di Bali. Pasalnya, di negara mana pun di dunia mereka tidak akan bisa menjumpai hal seperti itu.

Wisman tentu sangat asyik bisa menikmati kesunyian di Pulau Dewata dalam kurun waktu 24 jam sebab mereka di negerinya tidak pernah mengalami hal tersebut.

Bali pada Hari Suci Nyepi mulai pukul 06.00 hingga pagi keesokan harinya mengalami bebas polusi udara karena tidak ada satu pun kendaraan yang melintas di jalan raya, baik di perkotaan maupun di perdesaan.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Monumen Peringatan Bom Bali di Jalan Legian, Kuta, Bali.

Umat Hindu saat itu melaksanakan Tapa Bratha Penyepian, yakni empat pantangan yang harus dilakukan meliputi tidak bekerja (amati karya), tidak menyalakan lampu atau api (amati geni), tidak bepergian (amati lelungan), serta tidak mengadakan rekreasi, bersenang-senang, atau hura-hura (amati lelanguan).

Pertamina juga menghentikan pasokan avtur kepada perusahaan penerbangan sebab pintu masuk Pulau Bali, termasuk aktivitas penerbangan di Bandara Ngurah Rai, juga dihentikan sehari penuh.

Paket Khusus Nyepi

Halaman:
Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.