Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yunnan-Bali Pererat Kerja Sama Pariwisata

Kompas.com - 20/03/2015, 08:36 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Yunnan, Tiongkok, ingin mempererat kerja sama pariwisata dengan Bali karena antusiasme warganya yang dinilai cukup besar berlibur ke Pulau Dewata.

Wakil Gubernur Yunnan Gao Shuxun saat menemui Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di Denpasar, Rabu (18/3/2015), mengemukakan warganya mempunyai antusiasme yang besar terhadap Bali karena sebagai destinasi pariwisata secara geografis dikelilingi pantai. Berbeda dengan daerahnya yang lebih didominasi dikelilingi oleh daratan. (Baca: HPI Bali Tambah Pemandu Wisata Tiongkok)

Selain mempererat kerja sama pariwisata, pihaknya juga ingin menjajaki kerja sama dalam bidang ekonomi, perdagangan, dan pertanian.

Dalam kunjungannya bersama jajaran delegasi Provinsi Yunnan yang terdiri dari para konsul jenderal dan wakil konsul itu, Gao Shuxun pun mengucapkan terima kasih atas kerja sama Pemprov Bali yang sudah terjalin baik sejak 2003 itu.

Gao Shuxun juga menyampaikan keinginannya mengundang Pastika secara khusus menghadiri agenda tahunan "China South Asia Expo" yang akan dilaksanakan pada 12-13 Juni 2015. (Baca: Tiongkok Penyumbang Wisman Terbanyak)

"Sekaligus kami mengundang lebih banyak peserta asal Bali untuk ikut serta membuka stan pameran, mengingat selama penyelenggaraan sebelumnya, peserta dari Bali hanya berkisar 10 orang dan barang yang dipamerkan pun masih sedikit," katanya.

Di sisi lain, Gao mengharapkan bisa membuka jalur penerbangan langsung dari Kunming (ibu kota Provinsi Yunnan) ke Bali, setelah dirinya melihat secara langsung standar pelayanan yang ada di Bandara Internasional Ngurah Rai.

KOMPAS/AYU SULISTYOWATI Ratusan wisatawan domestik dan asing menikmati pesona sekitar Pura Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, awal Juni 2012. Obyek ini menjadi salah satu unggulan Pulau Dewata setelah Pantai Kuta di Kabupaten Badung karena letaknya juga berdekatan. Rona tenggelamnya matahari menjadi pemandangan tak terlupakan di Tanah Lot.

Sementara itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengapresiasi positif keseriusan tawaran kerja sama yang ditawarkan Yunnan. Dia juga berencana mengajak para pengusaha asal Bali untuk melihat peluang bisnis yang dikerjasamakan dalam waktu dekat ini.

Mengenai pameran yang akan diselenggarakan Provinsi Yunnan, Pastika menyatakan dukungannya, tetapi belum bisa memastikan ikut serta karena masih perlu mempelajari pameran yang dilaksanakan terkait jenis barang atau merupakan pameran kebudayaan. 

Selain itu, Pastika juga mengundang Wakil Gubernur Yunnan beserta warganya untuk hadir dalam pada Pesta Kesenian Bali yang akan dilaksanakan Juni mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com