Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2015, 19:26 WIB
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Wisatawan mancanegara dari kawasan Asia Pasifik yang berlibur ke Bali mencapai 60 persen dari 3,7 juta masyarakat internasional yang melakukan perjalanan wisata 2014, dan mereka umumnya tertarik karena pantai.

"Tanjung Benoa sebuah tempat wisata air yang memiliki daya tarik tersendiri di ujung selatan Pulau Bali, di samping Pantai Kuta yang tidak asing lagi bagi masyarakat dunia," kata Kadek Sudiana, salah seorang instruktur atraksi wisata air di Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, Kamis (26/3/2015).

Sudiana, karyawan sebuah perusahaan yang bergerak dalam dunia wisata air itu menyebutkan, wisatawan remaja menyenangi olahraga air karena permainannya masih dianggap baru oleh wisatawan domestik dan sudah biasa bagi wisatawan asing.

"Saya yakin anak-anak muda baik pria maupun wanita yang memanfaatkan musim liburan tahun ini akan ramai datang ke Benoa, ada yang sekadar menonton tetapi banyak pula ingin mencoba menikmati wisata air seperti jetski, banana boat dan parasailing," kata Sudiana.

EKA JUNI ARTAWAN Wisatawan usai mengunjungi Pulau Penyu, di Tanjung Benoa, Bali.
Dengan keindahan pantai dan lautnya, membuat Tanjung Benoa dikenal sebagai tempat wisata air. Lokasi ini banyak dikunjungi turis berusia muda terutama asal negara Asia, seperti Jepang, Tiongkok dan Taiwan.

"Turis Jepang, Taiwan, Korea Selatan paling banyak datang ke Benoa," tutur Sudiana yang didampingi rekannya di pantai berpasir putih itu saat istirahat setelah mendampingi tamunya berwisata air ke tengah laut.

Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, lokasinya berdampingan dengan lokasi wisata Nusa Dua dan berada di ujung sempit membuatnya disebut tanjung, justru inilah yang menyebabkan cukup unik dan ramai dikunjungi wisatawan.

Sudiana, anak muda asal Klungkung ini menjelaskan, turis berusia muda umumnya senang bermain jetski.

Sementara untuk menaiki banana boat, paling banyak mengangkut enam orang. Kemudian sebuah speed boat dengan pengemudi yang sudah berpengalaman menarik banana boat ke tengah laut.

EKA JUNI ARTAWAN Glass Bottom Boat mengantarkan wisatawan menuju Pulau Penyu, Tanjung Benoa, Bali.

Sampai di tengah laut dengan sengaja speed boat memutar tajam sehingga banana boat akan terbalik. Akibatnya seluruh penumpangnya tercebur ke laut. Namun mereka sudah dilengkapi jaket pelampung.

Lain halnya di Pantai Kuta dan sekitarnya banyak turis asing berusia muda berselancar di atas ombak yang umumnya cukup baik bagi peselancar pemula maupun yang sudah mahir.

Bali memiliki pantai yang cocok untuk olahraga air seperti selancar selain Pantai Kuta yakni Uluwatu di Bali bagian selatan, Pantai Masceti di Gianyar, dan Pantai Medewi di Jembrana di samping Pantai Sanur yang tidak kalah daya tariknya bagi peselancar dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+