Kompas.com - 30/03/2015, 15:45 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
BANYUWANGI, KOMPAS.com - Jika sedang di Banyuwangi, Jawa Timur, Anda bisa mendatangi Banyuwangi Art Week yang digelar sejak 28 Maret sampai 3 April 2015 di sepanjang Jalan Pangeran Diponegoro.

Di sana Anda akan dimanjakan dengan produk unggulan kerajinan khas Banyuwangi seperti batik, produk logam berupa pisau dan keris, suvenir, handycraft, ornamen dari bambu, kaligrafi, furnitur, kaos ber-jargon asli Banyuwangi, hingga aksesoris dari manik–manik maupun batu akik. Produk unggulan khas Banyuwangi tersebut dijejer di puluhan stan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Banyuwangi Art Week 2015 digelar 28 Maret sampai 3 April di sepanjang Jalan Pangeran Diponegoro, Banyuwangi, Jawa Timur.
Bayu Wilie Pratama, perajin asal Desa Gintangan, Rogojampi kepada KompasTravel menjelaskan pada pameran tersebut pihaknya menyediakan beberapa produk yang nanti bisa dipesan langsung ataupun melalui website.

"Biasanya mereka akan tanya-tanya dulu produk kami dan jika cocok langsung memesan. Kami menggunakan kesempatan ini untuk memajang produk sehingga kami bisa langsung bertemu dengan konsumen," jelasnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan salah satu tujuan Banyuwangi Art Week 2015 adalah untuk mendongkrak ekonomi kreatif serta menumbuhkan rasa cinta masyarakat Banyuwangi tehadap budaya lokal. "Masyarakat harus tahu produk apa saja yang dihasilkan oleh wilayahnya sendiri," jelasnya.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Banyuwangi Art Week 2015 digelar 28 Maret sampai 3 April di sepanjang Jalan Pangeran Diponegoro, Banyuwangi, Jawa Timur.
Saat ini jumlah sektor UMKM di Banyuwangi mencapai sekitar 296.000 unit dengan penyerapan tenaga kerja 501.379 orang. Jumlah itu meningkat jika dibanding tahun 2011 yang hanya 131.000 UMKM. Gelontoran kredit dari perbankan ke sektor UMKM Banyuwangi menembus angka Rp 1 triliun.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.