Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Nekat "Selfie" di Tempat Wisata Ini

Kompas.com - 30/03/2015, 17:08 WIB

KOMPAS.com - Berkembangnya media sosial saat ini, memunculkan tren selfie, lengkap dengan tongkat selfie (di Indonesia dikenal dengan nama tongsis). Meskipun begitu, ada juga tempat-tempat yang melarang selfie!

The Palace Museum, Beijing

The Palace Museum atau yang dikenal dengan Forbidden City, merupakan obyek wisata yang cukup populer di Beijing. Namun, bangunannya juga cukup “rapuh”. Karena alasan itulah, pemerintah Tiongkok menempelkan larangan selfie di sana. Berpose di The Palace Museum beresiko merusak barang antik di dalam museum, apalagi ketika pengunjungnya ramai. Direktur museum mengatakan, larangan tersebut bersifat memaksa. “Staf kami akan menghentikan pengunjung yang menggunakan gadget-nya untuk selfie,” katanya.

Danau Tahoe, Amerika Serikat

Petugas di Danau Tahoe, meminta pengunjung untuk tidak mengambil gambar beruang yang ada di sana, apalagi foto selfie dengan latar belakang beruang. Pelarangan ini terkait dengan isu keamanan.

Museum Van Gogh, Amsterdam

Salah satu dari tempat yang melarang selfie adalah Museum Van Gogh. Museum ini memang memiliki hubungan yang tidak baik dengan media sosial dan fotografi. Pelarangan pada fotografi dilakukan sejak Mei 2013. “Museum Van Gogh salah satu tempat wisata populer di Amsterdam. Ada ketegangan antara mereka yang ingin memotret dan mereka yang memang ingin benar-benar menikmati lukisan saja,” kata pihak museum.

(Sumber: Huffingtonpost.com/Gita Laras Widyaningrum)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com