Banda Aceh, Kota dengan Daya Tarik Wisata Islami

Kompas.com - 31/03/2015, 15:21 WIB
SERAMBI/M ANSHAR Turis dari kapal pesiar MV Clipper Odyssey mengenakan pakaian khusus saat memasuki kompleks Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Kamis (10/1/2013). Kapal yang mengangkut 150 penumpang dari berbagai negara dalam tour wisata Zegrahm Expedition tersebut melego jangkar selama enam jam di lepas pantai Banda Aceh untuk membawa para turis melakukan city tour ke beberapa situs sejarah dan tsunami Aceh.
JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Banda Aceh sebagai bagian Provinsi Aceh memiliki keistimewaan dalam mengelola daerah secara islami. Dengan keistimewaan tersebut, Wali Kota Banda Aceh mengharapkan Banda Aceh dapat menjadi Kota Wisata Islami Dunia.

"Kami ingin menjadikan kota madani sebagai daerah tujuan wisata. Kota Banda Aceh telah memenuhi kebutuhan dasar wisatawan Muslim," kata Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal dalam acara Peluncuran Pariwisata Banda Aceh sebagai World Islamic Tourism di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (31/3/2015).

Sebagai provinsi di ujung barat Indonesia, Banda Aceh adalah lokasi strategis bagi pintu masuk di Selat Malaka dan menjadi Kota Tujuan Wisata Islami. Banda Aceh memiliki wisata kuliner yaitu makanan dan minuman halal, pengalaman wisata yang islami, harga terjangkau, dan keramahtamahan penduduk dalam menyambut wisatawan.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Peluncuran Pariwisata Banda Aceh sebagai World Islamic Tourism di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (31/3/2015).
Illiza menambahkan daya tarik Banda Aceh secara islami yaitu sebagai kota syariah satu-satunya di Indonesia. Banda Aceh merupakan kota spritual yang memiliki nilai heritage dan sejarah yang kuat.

"Sebagai kota tamadun, Banda Aceh telah memenuhi syarat landmark Islam. Kita memiliki Masjid Baiturrahman sebagai pusat wisata spritual," tutur Illiza.

Banda Aceh memiliki wilayah seluas 61.36 km persegi dengan populasi 263.589 juta penduduk. Hingga kini, Banda Aceh menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan secara maksimal.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorI Made Asdhiana
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X