Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keseruan Menjelajahi Lombok dan Sumbawa

Kompas.com - 03/04/2015, 09:02 WIB
KOMPAS.com - Tahukah Anda ada berapa pulau besar di Nusa Tenggara Barat (NTB)? Juga, tahukah Anda di provinsi ini ada gunung-gunung menjulang kaya akan cerita dan sejarah? Wisata NTB terutama Pulaun Lombok belakangan memang tengah naik daun.

Menurut data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan NTB menyebutkan bahwa kunjungan wisatawan (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) meningkat setiap tahunnya. Pada 2013, jumlah kunjungan mencapai 1.357.602. Sementara di tahun 2014 meningkat menjadi 1.629.122.

Dari total kunjungan wisatawan pada 2014 tersebut, wisman sebanyak 752.306 dan wisnus sebanyak 876.816. Primadona wisata NTB adalah pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Lombok yang disebut gili. Salah satunya adalah Gili Trawangan yang mendunia.

NTB memang lebih banyak menawarkan wisata alam kepada wisatawan yang datang. Selain pantai dan lautnya yang cantik, Gunung Rinjani di Pulau Lombok menjadi incaran para pendaki dunia.

Hanya saja, jika berbicara pariwisata NTB, maka dominan pengembangan pariwisata masih terfokus pada Pulau Lombok. Padahal provinsi ini memiliki dua pulau besar yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Karakter alam dan budayanya pun berbeda, sehingga mampu memperkaya pariwisata NTB.

Pantai-pantai cantik di Pulau Sumbawa pun tak kalah dengan Pulau Lombok. Ada pula pulau-pulau lebih kecil di sekitaran Pulau Sumbawa. Sebut saja Pulau Satonda dan Pulau Moyo. Bahkan, Pulau Moyo biasa kedatangan tokoh dunia yang terkenal, salah satunya Lady Diana dari Inggris.

Di Pulau Sumbawa menjulang pula Gunung Tambora, yang letusannya dua abad lalu menggetarkan dunia. Dampaknya dirasakan oleh dunia yang dikenal dalam catatan sejarah sebagai "Tahun Tanpa Musim Panas".

Pada 18-25 Maret 2015 yang lalu, tim Kompas.com dalam ekspedisi bertajuk "Ekspedisi Alam Liar" melakukan perjalanan menjelajahi Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Perjalanan dimulai dari Pura Meru di Mataram menuju puncak Pergasingan di Sembalun, Lombok Timur.

Sebuah perjalanan menapaki jejak letusan supervolcano Samalas atau Gunung Rinjani kini. Perjalanan dilanjutkan menyeberang ke Sumbawa menuju puncak Gunung Tambora di Dompu.

Video berikut adalah sebuah teaser untuk mengantar petualangan menuju tempat-tempat yang tercatat dalam sejarah manusia sebagai titik paling menggetarkan dunia. Penuh keseruan dan cerita. Ikuti keseluruhan kisah perjalanan "Ekspedisi Alam Liar'' dari tim Kompas.com saat menjelajahi Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa di Nusa Tenggara Barat dalam lipsus "Ekspedisi Alam Liar".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com