Kompas.com - 03/04/2015, 10:31 WIB
EditorI Made Asdhiana
NEGARA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Jembrana menyayangkan rendahnya kesadaran wisata masyarakat di daerah paling barat Provinsi Bali itu. "Kami akui kesadaran kelompok wisata untuk merawat obyek wisata, khususnya dari sisi kebersihan masih kurang. Kami akan melakukan bimbingan teknis untuk mereka," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Budaya Kabupaten Jembrana, Nyoman Partika, di Negara, Kamis (2/4/2015).

Partika mencontohkan kondisi Teluk Gilimanuk yang kumuh sehingga diharapkan bimbingan teknis yang akan mencakup seluruh aspek pengelolaan obyek wisata tersebut.

Selain itu, pihaknya juga akan menata kembali kawasan Teluk Gilimanuk dengan membangun dua unit warung kuliner dan beberapa fasilitas lain di sekitarnya.

"Setelah warung kuliner ini selesai, warung yang sudah ada akan kami pindahkan untuk menghindari kesan kumuh. Kelompok yang mengelola, juga kami wajibkan menjaga kebersihan," ujarnya.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Pelabuhan Gilimanuk di Kabupaten Jembrana, Bali, Jumat (27/3/2015).
Untuk perawatan dan kebersihan, lanjut Partika, selain menyadarkan kelompok wisata, pihaknya juga berkoordinasi dengan Kantor Pertamanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana.

Teluk Gilimanuk juga dipenuhi sampah dan tumbuhan liar pada saat musim hujan. Semak belukar itu tumbuh di hampir semua areal teluk, termasuk di lahan tempat berdirinya patung Dewa Siwa sebagai ikon di pintu gerbang Bali dari arah Pulau Jawa tersebut.

Jeruji besi yang mengelilingi kawasan teluk juga dipenuhi semak belukar sehingga kawasan Teluk Gilimanuk tidak terlihat sebagai obyek wisata dari pengguna jalan yang melintas di Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.