Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

150.000 Seniman Dilibatkan dalam Pesta Kesenian Bali ke-37

Kompas.com - 03/04/2015, 19:20 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-37 akan melibatkan sekitar 150.000 seniman Bali. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Putu Beratha.

"Pesta Kesenian Bali nanti akan diramaikan kurang lebih sekiyar 150 ribu seniman Bali dan masing-masing Kabupaten dan kota diwajibkan akan mengikuti acara naik paradenya nanti atau pementasan, pagelaran ataupun lomba," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Putu Beratha, di Denpasar, Jumat (3/4/2015).

PKB ke -37 tahun 2015 ini mengangkat tema "Jagaddhita" yang diartikan memperkokoh kesejahteraan rakyat. Acara akan berlangsung sekitar satu bulan dari 13 Juni hingga 11 Juli 2015 yang dipusatkan di Taman Budaya ayau lebih dikenal dengan Art Center.

"PKB akan dimulai 13 Juni dan diakhiri pada 11 Juli mendatang. Sebagaimana biasanya bahwa pembukaan akan dilakukan pawai di depan Museum Perjuangan Rakyat Bali. Temanya adalah Jagaddhita yang diartikan memperkokoh kesejahteraan masyatakat," katanya.

Dewa Beratha menambahkan, PKB yang digelar setiap tahunnya ini tetap menampilkan lima materi pokok yaitu diawali dengan pawai, pergelaran atau parade, lomba, sarasehan dan pameran. Tidak lepas dari tema yang diusung maka Pesta Kesenian Bali tahun ini akan menampilkan sendratari berseri Ramayana yang ditampilkan oleh seluruh kabupaten dan kota secara bergantian sesuai jadwal pementasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com