Melepas Rindu akan Tauto, Soto Tauco Khas Pekalongan

Kompas.com - 18/04/2015, 17:07 WIB
Soto Tauto di Warung Nino Pekalongan Kompas.com/Heni PridiaSoto Tauto di Warung Nino Pekalongan
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Warung makan "Nino Tauto Pekalongan" berukuran mungil. Letaknya di depan Pasar PSPT, Tebet Timur, tepatnya di Jalan Tebet Timur Dalam Raya, Jakarta Selatan. Untuk orang Pekalongan di Jakarta, Warung Nino ini memang jadi tempat untuk kangen-kangenan dengan makanan Pekalongan.

Tauto alias soto berbumbu tauco khas Pekalongan. Warna kuahnya merah dengan aroma wangi yang sedap. Isiannya adalah suun dengan irisan daging sapi dan taburan daun bawang serta seledri yang banyak. 

Sebetulnya tauto yang asli di Pekalongan memakai daging kerbau bersama jeroannya. Oleh karena itu, soto lalu dibumbui dengan tauco untuk mengurangi aroma daging kerbau. Namun karena tidak semua orang menyukai daging kerbau dengan seratnya yang kasar dan aromanya, daging sapi menjadi pilihan kondimen untuk tauto Pekalongan.

Kuah tauto berwarna menantang, merah! Cita rasanya sudah pasti menonjok di lidah karena campuran rempah yang membuat kuah tauto menjadi tajam pedas. Yang dominan memang cita rasa tauco Pekalongan ini yang menjadi penyeimbang rasa soto.

Meski kuahnya pedas, ada rasa manis yang akhirnya membuat lidah tak berhenti bergoyang. Tauco Pekalongan memang berbeda dengan tauco asal Cianjur atau Medan. Bulir kedelainya lebih besar, tauconya berwarna kemerahan, dan cita rasanya manis sedikit asin.

Karena rasa kuahnya yang nendang inilah, tauto biasanya harus disantap dengan sepiring nasi agar tidak kepedasan atau terlalu gurih. Selain dengan nasi, tauto juga serasi dipadankan dengan lontong atau ketupat. Silakan dipilih!

Makanan khas Pekalongan lainnya adalah nasi megono. Nasi putih dengan pendamping berupa nangka muda cincang yang dikukus bersama parutan kelapa, kecombrang dan rempah sehingga bercita rasa gurih dan pedas. Aroma yang menonjol adalah aroma kecombrang yang segar. Cita rasa megono pun menjadi asam segar.

Waung Nino yang bernuansa sederhana ini buka setiap hari kecuali hari Senin pada pukul 08.00-20.00 WIB. Kisaran harganya Rp 8.000-Rp 20.000.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X