Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentawai Fokus Pariwisata

Kompas.com - 22/04/2015, 15:08 WIB
TUA PEJAT, KOMPAS — Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, memiliki potensi pariwisata yang besar dibandingkan dengan daerah lain di Sumbar. Hal itu membuat pemerintah setempat mulai memfokuskan pengembangan sektor pariwisata. Akses investasi pun dipermudah.

Data Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai menunjukkan, sejumlah potensi wisata alam ada di daerah itu, seperti ratusan lokasi selancar dengan 73 lokasi di antaranya memiliki ombak berskala internasional.

Dua di antaranya masuk dalam 10 tempat selancar terbaik dunia. Mentawai juga menawarkan taman bawah laut dan pantai yang di seluruh wilayahnya. Dari sisi budaya, Mentawai juga menawarkan orisinalitas suku asli Mentawai dengan kearifan lokal yang sangat kaya.

”Potensi itu peluang. Mentawai jauh lebih bisa berkembang dengan pariwisata. Kami fokus ke sana. Tentu tak mudah dan membutuhkan proses,” kata Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Judas Sabaggalet, Selasa (21/4/2015).

Menurut Judas, selain pembenahan infrastruktur secara bertahap, sumber daya manusia yang dapat mendukung langkah itu juga dipersiapkan. Pemkab menyediakan biaya pendidikan bagi warganya yang ingin belajar di bidang kepariwisataan.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai Desti Seminora mengatakan, sejumlah investor tertarik menanamkan modal di Mentawai. Wisata bahari sejak lama memberi kontribusi bagi warga. (ZAK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com