Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melepas Rindu akan Tahu Gejrot Asli Cirebon

Kompas.com - 22/04/2015, 16:03 WIB
Kontributor Travel, Heni Pridia

Penulis

KOMPAS.com - Kangen dengan tahu gejrot asal Cirebon yang sudah sangat populer atau nasi lengko yang bercita rasa manis dan gurih? Tak usah lagi menunggu kesempatan mampir di kota asalnya, karena kini Anda bisa datang ke Griya Kula yang berada di halaman parkir Kolam Renang Kompleks Bea Cukai, Jakarta Timur. Di resto milik Fajar Rahardjo ini Anda bisa sepuasnya menyantap makanan khas kota udang.

“Rasanya dijamin asli Cirebonan, karena semua makanannya ‘diimpor’ langsung via kereta ekspres Cirebon setiap pagi. Misalnya, tahu gejrot yang harus menggunakan tahu asli asal Ciledug, Cirebon. Meski di Jakarta ada tahu sejenis, tapi rasanya tidak akan pas,” urai Fajar dengan antusias.

Buat penggemar mi ada mi kocok yang berkuah kental dan harus disantap segera selagi hangat. Mi yang dipakai adalah mi kuning dengan taburan ayam suwir dan kucai. Sebelum disantap, tambahkan sedikit merica bubuk dan sambal. Hmmm, cita rasa mi jadi makin lekker!

Atau, bisa mencicipi bubur sop yang beken sebagai salah satu jajanan di malam hari. Jika Anda belum pernah mencicipi bubur sop ini, maka akan sedikit terkecoh. Bukan bubur yang ada di dalam mangkuk melainkan nasi lembek yang disiram dengan kuah sup. Memang bisa menghangatkan suasana malam yang dingin.

Begitu juga dengan nasi lengko yang harus disantap dengan satai kambing. Nasi putih yang pulen disandingkan dengan potongan tahu, tempe, dan daun kucai lalu disiram dengan bumbu kacang dan kecap asli Cirebon yang tidak terlalu manis namun gurih. Makin pas jika disantap dengan diiringi kerupuk yang juga dibawa langsung dari Cirebon.

Sebagai pendamping bersantap, sepoci teh dari Kasepuhan dengan gula batu dan jeruk nipis merupakan teman yang paling pas! Tertarik menyantap aneka kuliner Cirebon ini? Bisa datang langsung ke halaman parkir kolam renang Kompleks Bea Cukai Bojana Tirta, Jalan Bypass Rawamangun, Jakarta Timur. Harga menu yang ditawarkan di kisaran Rp 3.000 - Ro 25.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com