Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berfoto di Monumen Bola Dunia Sambil Nantikan Karnaval Asia Afrika

Kompas.com - 25/04/2015, 12:11 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Demi menyambut Karnaval Asia Afrika, warga Kota Bandung memenuhi Jalan Asia Afrika, Braga, Sumurbandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/4/2015). Para warga memanfaatkan kesempatan untuk berfoto di bangunan yang berada di sepanjang jalan.
 
"Karena acaranya tidak setiap hari jadi mau menikmati momen KAA (Konferensi Asia Afrika). Banyak sejarahnya. Sekalian menunggu karnaval budaya," kata Ayu Fitryanita, salah satu pengunjung, kepada KompasTravel di Bandung, Sabtu (25/4/2015).
 
Perempuan yang berprofesi sebagai apoteker di salah satu rumah sakit ini datang bersama seorang teman untuk mencari tempat-tempat berfoto saat acara parade. "Nanti mau foto lagi pas acara parade mulai. Ada budaya dari setiap negara," ujarnya.
 
Pantauan KompasTravel, para pengunjung parade berfoto di ikon-ikon Konferensi Asia Afrika seperti Gedung Merdeka, spanduk dengan gambar Soekarno, Jawaharlal Nehru, bajaj kendaraan KAA, dan sepanjang jalan. Selain itu, warga juga tak ketinggalan berfoto di bola dunia yang terletak di dekat Alun-Alun Timur Bandung.
 
"Baru sampai di sini kami. Eh baru tahu juga ada monumen ini. Ya sekalian foto sambil lewat," kata Agus Ismail (38) kepada KompasTravel. 
 
Agus memanfaatkan momen bersejarah bagi Kota Bandung dengan mengajak anggota keluarga. "Supaya anak-anak tahu sejarah khususnya KAA. Nanti mau ke Gedung Merdeka," katanya.
 
Sambil memotret anggota keluarga di depan bola dunia, Agus menuturkan kesempatan untuk berjalan bersama keluarga saat momen bersejarah seperti KAA adalah hal yang langka.

"Susah, Mas. Secara kerja saya di Jakarta. Sekalian pulang," ucap pria yang bekerja di salah satu perusahaan asuransi ini.

 
Karnaval Asia Afrika akan diikuti oleh lebih dari 70 negara dan 1000-an peserta. Pawai ini mengambil tempat di sepanjang jalan yang bersejarah terkait peristiwa KAA terutama di Jalan Asia Afrika, Bandung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com