Kompas.com - 27/04/2015, 11:22 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

NAGPUR, KOMPAS.com – Gempa hebat yang terjadi di Nepal dan India bagian utara, Sabtu (25/4/2015) turut mengguncang industri pariwisata. Agen perjalanan dan industri pariwisata di India mengklaim terjadi penururan wisatawan yang cukup serius. Banyak pelanggan mereka yang membatalkan rute perjalanan wisata ke Nepal yang sebelumnya sudah mereka pesan.

Agen perjalanan mengatakan pariwisata Nepal bisa jadi akan mundur, seperti yang terjadi pada Kedarnath, India, usai tragedi banjir yang menimpa kota tersebut pada 2013 lalu. Pembatalan itu terjadi mulai Minggu dan memaksa agen perjalanan terus bersiaga sepanjang hari.

“Sekitar 22 orang harusnya berangkat wisata ke Bodhgaya dan Nepal hari Senin. Namun, sesaat setelah mereka melihat berita tentang bencana alam di Nepal, mereka menelepon untuk membatalkan tur mereka. Akibat hal ini, kami memperkirakan kerugian mencapai 30.000 Rupee,” jelas pemilik agen perjalanan Lumbini Travel, Anant Khobragade seperti dikutip dari Times of India.

Petugas dari agen perjalanan lainnya yaitu "Make My Trip " mengatakan orang-orang takut untuk pergi ke manapun di daerah timur.

“Di hari Minggu, kami mendapat telepon dari pelanggan kami yang ketakutan, dia meminta untuk membatalkan pesanan tur wisatanya. Kebanyakan dari mereka melakukan perjalanan melalui udara, kami pun harus membatalkan tiket pesawat,” katanya.

Dia menambahkan, pariwisata Nepal mungkin akan mati dalam beberapa saat dan mereka meragukan adanya permintaan tur ke Nepal selama satu tahun. Sementara itu, pemilik Azure Tour Advisor Mahesh, Kamlakar, mengatakan sebanyak 17 orang membatalkan paket perjalanan mereka ke Nepal pada Minggu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.