Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melancong ke Benoa, Wajib Mencoba Olahraga Air

Kompas.com - 30/04/2015, 16:11 WIB
BENOA, KOMPAS.com — Berlibur sambil menikmati suasana pantai di Bali kurang lengkap rasanya bila Anda tidak menikmati layanan water sports atau olahraga air. Ada sejumlah operator penyedia jasa layanan ini, salah satunya yaitu Bali Jet Set Dive and Marine Sports (JSM), yang berlokasi di Jalan Setra Gandamayu, Banjar Tengkulung, Tanjung Benoa, Bali. Operator ini menyediakan layanan olahraga air yang bermotor dan tidak bermotor dengan kualitas layanan berstandar internasional.

“Bali Jet Set Dive and Marine Sports sangat memperhatikan kualitas kenyamanan dan keselamatan tamu. Misalnya untuk menyelam, kami mengajari tamu terlebih dulu di kolam renang yang tersedia sampai tamu itu benar-benar bisa, baru kami lepas tamu itu menyelam di laut,” ujar I Nyoman Sugita, President Director Bali Jet Set Dive and Marine Sports, Sabtu (25/4/2015) di Tanjung Benoa, Bali.

KOMPAS.COM/ERWIN HUTAPEA Bali Jet Set Dive and Marine Sports di Tanjung Benoa, Bali.
Operator ini menyediakan peralatan yang berkualitas dan terawat, serta sejumlah instruktur profesional. Dengan demikian, para tamu tidak perlu merasa khawatir dengan keselamatan karena mereka menggunakan peralatan yang berfungsi dengan baik dan didampingi instruktur yang berpengalaman.

Menurut Nyoman, JSM tidak menargetkan jumlah kunjungan per harinya. Sebab, yang paling penting adalah tamu bisa merasa menikmati dan nyaman ketika melakukan olahraga air tanpa merasa dibatasi waktunya, walaupun memang ada batas waktu tertentu yang sudah diatur. Tamu juga tidak merasa terburu-buru karena harus bergantian dengan tamu berikutnya yang mengantre untuk menggunakan fasilitas yang sama.

KOMPAS.COM/ERWIN HUTAPEA Bali Jet Set Dive and Marine Sports di Tanjung Benoa, Bali.
“Kami tidak menentukan jumlah tamu dalam sehari. Rata-rata kami hanya melayani 15 sampai 20 tamu. Yang penting mereka merasa senang dan enjoy saat menggunakan fasilitas di sini,” ucap Nyoman.

Beberapa tahun sebelumnya, Nyoman pernah membuka usaha olahraga air di wilayah pantai timur Bali. Saat itu ia menjalin kerja sama dengan sejumlah agen perjalanan. Hal itu membuat tamu yang datang bisa mencapai ratusan orang setiap harinya. "Banyaknya tamu yang dilayani mengakibatkan pelayanan yang diberikan jadi tidak fokus dan tamu merasa kurang menikmati fasilitas yang tersedia," tuturnya.

KOMPAS.COM/ERWIN HUTAPEA Parasailing di Tanjung Benoa, Bali.
Setelah pindah ke Tanjung Benoa, Nyoman tidak lagi bekerja sama dengan agen perjalanan, tetapi dengan hotel tertentu saja. Hal ini dilakukan untuk memelihara kualitas kenyamanan dan keselamatan tamu tetap terjaga.

Adapun sejumlah aktivitas olahraga air yang disediakan oleh JSM antara lain banana boat, flying fish, jet ski, parasailing, scuba diving, kayaking, dan snorkeling. Tersedia pula tempat bagi para tamu untuk makan dan minum sambil menikmati suasana pantai. Selain itu, ada pula kamar mandi yang dilengkapi dengan shower, sabun, sampo, dan handuk untuk membersihkan badan setelah melakukan olahraga air di laut. (ERWIN HUTAPEA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com