Wisata ke Yogyakarta? Ini 6 Wisata Alam di Gunungkidul

Kompas.com - 04/05/2015, 10:11 WIB
Wisatawan bersiap memasuki mulut obyek wisata Gua Pindul di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, yang beberapa saat sebelumnya ditutup oleh pihak pemilik lahan di atas gua tersebut, Kamis (7/3/2013). Konflik antara pihak pemilik lahan dengan sejumlah kelompok pengelola obyek wisata tersebut terus berlangsung meski terus dikunjungi wisatawan. 
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOWisatawan bersiap memasuki mulut obyek wisata Gua Pindul di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, yang beberapa saat sebelumnya ditutup oleh pihak pemilik lahan di atas gua tersebut, Kamis (7/3/2013). Konflik antara pihak pemilik lahan dengan sejumlah kelompok pengelola obyek wisata tersebut terus berlangsung meski terus dikunjungi wisatawan.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com – Kabupaten Gunungkidul bisa menjadi pilihan Anda saat berwisata ke Yogyakarta. Lokasinya berada di 46 kilometer sebelah tenggara Kota Yogyakarta.

Gunungkidul hadir menawarkan pesona alam. Gua, batuan kapur, dan sungai bawah tanah menjadi wisata unggulan kabupaten ini. Tak hanya itu, deretan panjang pantai selatan juga menanti untuk dijelajahi para wisatawan. Berikut enam destinasi wisata yang patut dikunjungi saat melancong ke Kabupaten Gunungkidul.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba terletak di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk, sekitar 22 kilometer dari Kota Wonosari. Gunung yang terbentuk dari karst atau kapur ini menawarkan hamparan keindahan yang dapat dinikmati dari ketinggian sekitar 700 meter dari permukaan laut.

Kompas/Ferganata Indra Riatmoko Gunung Api Purba Nglanggeran yang aktif sekitar 70 juta tahun lalu menjulang dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Kamis (25/4). Gunung tersebut dikembangkan oleh masyarakat setempat menjadi salah satu obyek wisata alternatif yang menawarkan keunikan bentang alam yang tersusun dari material vulkanik tua.
Dengan waktu tempuh selama 1,5 sampai 2 jam, wisatawan sudah dapat mencapai puncak gunung yang dikenal dengan sebutan puncak Gunung Gedhe. Setibanya di puncak, Anda disuguhkan pemandangan indah yang terdapat di Desa Nglanggeran. Salah satunya Embung Nglanggeran yang merupakan kolam seluas 5.000 meter yang berfungsi mengairi perkebunan di sekitar embung. Dari atas puncak, wisatawan juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam dan juga matahari terbit.

Goa Pindul dan Sungai Oyo

Goa Pindul juga dijadikan destinasi utama para pelancong di Gunungkidul. Wisata susur gua atau cave tubing menjadi salah satu pilihan yang bisa dipilih para wisatawan di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.

Dengan menaiki rakit yang terbuat dari ban-ban truk besar, Anda dapat menikmati keindahan stalagmit dan stalagtit yang menghiasi dinding Gua Pindul. Selama kurang lebih 45 menit, wisatawan diajak menikmati keindahan sungai bawah tanah sepanjang 350 meter itu.

Puas mengagumi keindahan Gua Pindul, wisatawan dapat sedikit memacu adrenalin dengan river tubing di Sungai Oyo. Sungai sepanjang satu kilometer ini memiliki beberapa pertemuan arus yang tentu menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan, bahkan ban karet yang ditumpangi dapat terbalik akibat kencangnya arus sungai.

Jangan khawatir, ada pemandu yang mendampingi wisatawan selama menyusuri Sungai Oyo ini. Wisatawan juga dapat menikmati keindahan dua buah air terjun yang biasa disebut warga sekitar sebagai Air Terjun Pengantin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X