Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajahi "Great Barrier Reef", Nikmati Sensasi Menyelam saat Musim Dingin!

Kompas.com - 05/05/2015, 11:34 WIB
Adhis Anggiany Putri S

Penulis

KOMPAS.com - Great Barrier Reef di sepanjang garis Pantai Queensland, daerah timur Australia, adalah surga bagi para penyelam di seluruh dunia. Lebih dari 3.000 terumbu karang dan 4.000 jenis spesies ikan hidup di antara 900 pulau yang terbentang sepanjang 2.300 km, mulai dari Cape York sampai Bundaberg.

Great Barrier Reef terlihat jelas dari luar angkasa, karena kehidupan organisme laut di sana sangat luar biasa besar. Tidak mengejutkan, jika surga penyelam satu ini dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak 1981.

Uniknya, kecantikan Great Barrier Reef ini dapat dinikmati sepanjang tahun, termasuk saat musim dingin (Juni – Agustus). Ini karena suhu air di perairan justru cukup hangat, berkisar antara 22 derajat celsius di musim dingin sampai 29 derajat celsius di musim panas.

Tak hanya itu. Jarak pandang terbaik penyelaman justru didapatkan di musim dingin. Jika beruntung, Anda mungkin dapat berinteraksi langsung dengan paus minke yang ramah atau menyaksikan migrasi paus punggung bungkuk.

Arus laut yang relatif stabil dan variasi kedalaman laut merupakan alasan tepat bagi para penyelam tingkat pemula sampai profesional mengunjungi wisata warisan dunia ini. Penjelajahan keajaiban laut bisa dimulai dari Cairns, pintu masuk terumbu karang terkenal. Setelah itu, kunjungilah wisata terumbu karang Agincourt Reef di tepi landasan benua, memberi makan ikan kod raksasa di Cod Hole, atau mengelilingi perairan pulau karang terpisah.

Lebih jauh ke utara, Anda bisa menjelajahi Coral Sea dengan menyelam di Port Douglas, tempat hutan hujan dan terumbu karang bertemu. Lalu, kepakkan sepatu selam Anda melewati ngarai-ngarai karang penuh penyu, bintang laut, serta kepiting di Lady Musgrave Island dan Fitzroy Lagoon dekat Gladstone.

Di selatan, jangan lupa kunjungi pantai-pantai indah di Townsville dan Magnetic Island. Di sini Anda bisa mengintai bangkai kapal SS Yongala yang tenggelam pada 1911 dan menjelajahi titik-titik selam yang wajib dikunjungi, yaitu Fish Bowl, Corridor, Zoo, Magic Passage, Cabbage Patch dan Atlantis.

Tourism Australia Whitehaven Beach, Whitsundays Islands. Setibanya di Whitsundays, gugusan 74 pulau tropis, temukan bentangan pasir putih dan air biru nan jernih.

Setiba di Whitsundays, yaitu gugusan 74 pulau tropis, Anda bisa menemukan bentangan pasir putih dan air biru nan jernih. Di sini kawasan terumbu karangnya masih asli, misalnya Terumbu Karang Elizabeth, Black, Fairy, Net, Knuckle, Oublier dan masih banyak lagi.

Terus ke selatan, selami bangkai kapal ‘Llewellyn’ bersejarah yang baru ditemukan setelah 80 tahun tersembunyi di dasar laut. Wilayah Central Great Barrier Reef biasanya sepi dari turis, maka Anda bisa bebas menjelajah untuk menemukan harta karun alam baru. Anda juga bisa mengabadikan foto kawanan ular laut emas, penyu tempayang yang terancam punah, penyu sisik, penyu hijau, belut moray, ikan hiu, dan ikan pari manta.

Namun, meski berkali-kali menyelam di sini, tak akan ada kata cukup. Isi liburan panjang Anda dengan penjelajahan alam bawah laut di Great Barrier Reef tanpa terhalang musim.

Australia bisa dijangkau dengan mudah. Rencanakan perjalanan liburan Anda dengan Wego untuk mendapatkan harga terbaik untuk hotel dan tiket pesawat. Baca juga informasi seputar tujuan-tujuan wisata lainnya di sana. Selamat bersenang-senang!

Baca juga: Melintasi Benua dengan Satu Kereta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com