Kompas.com - 05/05/2015, 13:52 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
KANDANGAN, KOMPAS.com - Menjelajah satu tempat belum lengkap tanpa mencicipi kuliner khas setempat. Para peserta Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan mencoba kuliner khas Kandangan, Kalimantan Selatan yaitu Dodol Kandangan.

"Enak banget rasanya. Sama persis sama dodol betawi," kata salah satu peserta wanita Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan, Indah Melati kepada KompasTravel saat mencicipi dodol di Jalan Simpang Negara, Selasa (5/5/2015).

Wanita asli Betawi tersebut mengatakan tekstur dari Dodol Kandangan mirip dengan Dodol Betawi. Dari segi wanginya, dodol asli Kandangan ini pun juga mirip dengan dodol di tanah Jakarta tersebut. Pantauan KompasTravel, para peserta Jelajah Sepeda Kompas ketika berhenti di Simpang Negara disuguhkan sajian kue khas Kandangan tersebut.

Selain itu, para peserta juga memanfaatkan waktu berhenti untuk berfoto dan membeli panganan untuk bekal bersepeda dan oleh-oleh. "Dodol ini bisa tahan seminggu lebih. Cocok buat oleh-oleh. Ini dodol khas Kandangan," kata Yuni, penjual dodol Kandangan di Simpang Negara kepada KompasTravel.

Ia mengatakan telah berjualan Dodol Kandangan sejak 30 tahun yang lalu. Yuni mengaku resep untuk membuat dodol sudah turun temurun dari nenek moyang. "Pertama kali dulu, Ibu Noorjanah terkenal untuk buat Dodol Kandangan. Beliau keturunan Arab-Kalimantan. Dia punya anak 5 orang. Nah anak-anaknya yang meneruskan resep pembuatan dodol," tuturnya.

Etape 2 dimulai pada pukul 08.00 Wita dari Rantau menuju Kecamatan Tanjung, Tabalong. Etape 2 menempuh jarak sejauh 119 km dengan kondisi medan yang mirip dengan Etape 1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.