Kompas.com - 05/05/2015, 20:42 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

TANJUNG, KOMPAS.com - Beberapa peserta Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan belum merasakan ada tantangan pada Etape 2 Rantau-Tanjung. Etape 2 dimulai dari ibukota Kabupaten Tapin, Rantau pada pukul 08.00 Wita di Pendopo Bupati Tapin. Para peserta tiba dengan selamat di Kecamatan Tanjung, Tabalong pada pukul 15.15 Wita.

“Etape 2 ini masih flat (datar) aja. Tanjakannya masih pendek. Sebenarnya belum menantang kalau buat saya,” kata peserta Jelajah Sepeda Kompas, Deny Suharja saat istirahat minum kopi di Hotel Jelita, Kecamatan Tanjung, Tabalong, Selasa (5/5/2015).

Telah terbiasa bersepeda dengan jalur yang menanjak ekstrem di Jawa Barat, pria asal Garut ini pernah merasakan tanjakan yang sangat menanjak. Perlu strategi untuk dapat melewati tanjakan yang terjal dengan efiesien tenaga. Salah satu tempat yang baginya dianggap cukup menantang adalah rute Garut menuju Pamengpeuk.

“Itu tanjakannya terjal. Kalau mengayuh sepedanya penuh dengan tenaga, akan cepat lelah. Sementara nanti setelah tanjakan, akan ada tanjakan lagi. Kalau tadi di sini, cukup ngicik (teknik mengutamakan kayuhan rpm). Hitungannya masih pendek rollingnya (jalan turun naik),” katanya.

Senada dengan Deny, salah satu peserta wanita Jelajah Sepeda Kompas, Gia Amalia juga berpendapat sama. Ia merasakan Etape 2 masih mirip dengan Etape 1 Banjarmasin-Rantau, Senin (4/5/2015). Belum banyak jalan yang menanjak yang ia temui.

“Secara keseluruhan sih seru. Seru banget. Tapi ya gitu, masih datar. Belum ada tanjakan yang bikin greget. Tadi total menanjaknya hampir 320 meter dari mulai Rantau,” kata salah satu peserta Srikandi yang menjelajah Banda Aceh-Padang pada tahun 2013 ini.

Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Para peserta Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan sedang bersiap-siap untuk melanjutkan Etape 2 Rantau-Tanjung, Kalimantan Selatan, Selasa (5/5/2015).

Road Captain Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan, Cucu Eman menjelaskan bahwa tanjakan-tanjakan di akhir Etape 2 Rantau-Tanjung masih belum terlalu banyak menguras tenaga. Tanjakan-tanjakan masih dapat dilewati dengan aman. Menurut pria yang akrab disapa Kang Coe ini, para peserta cenderung melahap semua tanjakan tanpa ampun.

“Peserta semua tambah kecepatan semua. Gowesnya semangat. Mungkin karena baru ketemu tanjakan ya. Dari kemarin kan masih datar. Di Balangan dan Tabalong jadi hiburan hari ini,” katanya.

KompasTravel berkesempatan mengikuti Etape 2 Rantau-Tanjung pada hari kedua Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan. Dari pantauan, 45 kilometer sebelum mencapai titik akhir di Tanjung, rute Etape 2 terdapat beberapa jalan yang menanjak. Tanjakan-tanjakan tersebut dimulai dari Kabupaten Balangan hingga Kabupaten Tabalong. Rombongan yang pada awalnya berjajar rapi, saat tanjakan mulai tercerai berai. Para peserta Jelajah Sepeda Kompas yang haus akan tantangan dengan santai melahap tanjakan-tanjakan yang ada.

Harian Kompas menggelar Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan dalam rangka mewujudkan impian untuk merajut nusantara dengan bersepeda. Sebanyak 50 orang pesepeda yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti acara bersepeda jarak jauh ini. Komunitas sepeda lokal di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur pun juga tidak ketinggalan untuk mengikuti acara jelajah sepeda ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.