Kompas.com - 06/05/2015, 15:07 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Teluk Jailolo kembali digelar tahun ini, yaitu di tanggal 14-16 Mei 2015 mendatang. Festival tahunan ini digelar oleh Pemerintah Daerah Halmahera Barat dalam rangka mempromosikan Halmahera Barat sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia Timur.

Tahun ini tema yang diangkat adalah "Saloi Sirimoi" atau "Saloi Menyatukan". Seperti termuat dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, beragam rangkaian acara akan memeriahkan festival. Pengunjung akan diajak menjelajahi Jailolo dari sisi darat maupun laut, serta menikmati aneka kuliner khas Halmahera Barat.

Rangkaian acara antara lain seperti Sigofi Ngolo atau tradisi bersih laut yang sakral dan unik. Dalam upacara adat ini, iring-iringan kapal hias mengitari Pulau Babua dengan tabuhan musik tradisional dan doa yang dipimpin Sultan Jailolo.

Lalu Orom Sasadu atau makan adat sebagai ucapan syukur atas panen berlimpah. Keunnikan acara ini adalah selama berpesta, masyakarat adat tidak pernah mengantuk walaupun tidak tertidur, tidak kenyang walau sudah makan terus, dan tidak pernah mabuk.

Puncak acara adalah Sasadu on The Sea yaitu sebuah pertunjukan seni dengan lagu dan tarian khas Halmahera Barat. Dalam festival, pengunjung bisa mengikuti scuba diving dan mencicipi aneka makanan di gelar kuliner makanan khas Halmahera Barat.

Pengunjung juga bisa mengeksplorasi Burung Bidadari yang merupakan habitat langka. Nah, salah satu agenda menarik addalah Pameran Batu Akik yang akan memamerkan batu akik lokal dan cocok dijadikan suvenir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.