Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dihadang Jalan Rusak, Etape 3 Berlangsung Alot

Kompas.com - 07/05/2015, 08:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

PASER, KOMPAS.com - Perjalanan Etape 3 Tanjung, Kalimantan Selatan menuju Batu Kajang, Kalimantan Timur, Rabu (6/5/2015) berlangsung alot. Para peserta Jelajah Sepeda Kompas kewalahan menghadapi tanjakan setelah memasuki Provinsi Kalimantan Timur. Jalan yang berlubang, aspal yang pecah, dan pasir berbatu menambah kesulitan para peserta dalam menyelesaikan Etape 3 ini.

"Etape 3 ini dahsyat. Turunannya sangat membahayakan. Apalagi ditambah jalanan yang rusak. Menakutkan karena kalau salah bisa celaka," kata peserta Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan, Ahmad Faisal saat makan malam di Hotel Permata, Batu Kajang, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Rabu (6/5/2015).

Akrab disapa Kang Icel, ia menceritakan pengalaman melewati Etape 3 ini sangat menegangkan karena harus menghadapi turunan curam dengan disertai jalanan yang rusak. Namun ia bersyukur karena rombongan dapat tiba dengan selamat.

Pantauan KompasTravel, jalan yang rusak dimulai ketika memasuki Kalimantan Timur. Desa-desa yang berada di Kecamatan Muara Komam mengalami kerusakan jalan dari mulai bahu jalan hingga seluruh jalan. para peserta tiba di Batu Kajang pada pukul 19.00 Wita atau terlambat 1,5 jam dari waktu yang dijadwalkan. Para peserta terpaksa bersepeda di malam hari dengan bantuan headlamp.

Road Captain Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan, Cucu Eman atau akrab disapa Kang Coe mengatakan keterlambatan pada etape ini disebabkan oleh faktor cuaca beserta medan yang ekstrem. Medan jalan yang rusak menyebabkan pergerakan menjadi melambat. Turunan dengan kombinasi jalan yang rusak mengancam para peserta.

"Tingkat bahayanya sangat tinggi. Perlu penguasaan bersepeda dengan kemampuan tinggi. Kalau tidak bisa kecelakaan. Jalan yang rusak sangat bahaya untuk bersepeda kali ini," ujarnya.

Namun ia senang karena para peserta telah mengetahui batas kemampuan diri dalam bersepeda. Lebih dari 10 peserta Jelajah Sepeda Kompas dievakuasi oleh panitia. Salah satunya adalah peserta wanita, Tentrem Sartika.

"Ketika turunan dan bertemu dengan jalan rusak. Sangat menghambat. Alhamdulillah dievakuasi. Saya gak mau maksain diri. Lebih baik simpan tenaga buat besok," katanya.

Para peserta Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin telah menyelesaikan Etape 3 Tanjung menuju Batu Kajang sejauh 112 km. Etape 4 berlangsung dari Batu Kajang menuju Kabupaten Grogot sejauh 70 km. Target titik akhir perjalanan bersepeda jarak jauh ini adalah Kota Balikpapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com