Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelapa Sawit, Pemandangan Etape 5 "Jelajah Sepeda Kompas"

Kompas.com - 08/05/2015, 18:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

PASER, KOMPAS.com - Hutan kelapa sawit menjadi pemandangan para peserta "Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan" sepanjang Etape 5 Tanah Grogot-Waru, Jumat (8/5/2015). Ribuan hektar tanah yang ditanami kelapa sawit terbentang di kiri dan kanan jalan. Hutan kelapa sawit membentang sepanjang di sisi jalan sejauh hampir 90 kilometer.

"Hutan kelapa sawit masih bisa dilihat sampai Kecamatan Babulu di Kabupaten Penajam Paser Utara. Rata-rata milik swasta yang saya tahu," kata Kanit Pengaturan Penjagaan dan Pengawalan Polres Paser, Latif Umar kepada KompasTravel di Kuaro, Jumat (8/5/2015).

Polisi yang mengawal hingga perbatasan Kabupaten Paser ini mengatakan di sepanjang perjalanan pesepeda dapat melihat aktivitas masyarakat dalam mengelola kebun kelapa sawit. Kendaraan yang melintasi Jalan Negara, Kalimantan Timur ini banyak didominasi oleh kendaraan pribadi dan truk pengangkut sawit.

Hal tersebut juga dikatakan oleh pesepeda dari Komunitas Gowes Tanah Paser, Hamid Hasyim. Ia menambahkan bahwa rata-rata masyarakat di sekitar kebun kelapa sawit merupakan para pendatang dari luar Pulau Kalimantan. Mereka bekerja sebagai buruh tani di kebun kelapa sawit. Sementara para pemilik kebun kelapa sawit berasal dari bermacam-macam golongan.

"Rata-rata pendatang dari timur Indonesia seperti Nusa Tenggara Barat dan Timur. Mereka tergabung dalam kelompok tani setiap kecamatan Paser. Pemiliknya ada dari masyarakat asli Kalimantan Timur yaitu Suku Paser, negara, swasta, dan pribadi dari luar Kalimantan," katanya.

Pantauan KompasTravel, pohon kelapa sawit dapat terlihat dari pinggir jalan. Hamparan pohon yang menjadi bahan minyak sawit ini lebih banyak ditemui saat menjauhi jalan utama. Di beberapa bagian jalan juga terlihat tempat yang menyediakan bibit pohon kelapa sawit.

Harian Kompas menggelar "Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan" dalam rangka mewujudkan mimpi merangkai nusantara dengan bersepeda. Pada tahun sebelumnya, Kompas telah menyelenggarakan Jelajah Sabang-Padang, Bali-Komodo, Manado-Makassar, dan Jakarta-Palembang. Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan berlangsung dari tanggal 4-10 Mei 2015. Para peserta "Jelajah Sepeda Kompas" telah melewati empat etape sebelumnya dari Banjarmasin hingga Tanah Grogot. Peserta Jelajah Sepeda Kompas berjumlah 50 orang dengan 7 di antaranya adalah perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com