Kompas.com - 08/05/2015, 18:00 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
PASER, KOMPAS.com - Hutan kelapa sawit menjadi pemandangan para peserta "Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan" sepanjang Etape 5 Tanah Grogot-Waru, Jumat (8/5/2015). Ribuan hektar tanah yang ditanami kelapa sawit terbentang di kiri dan kanan jalan. Hutan kelapa sawit membentang sepanjang di sisi jalan sejauh hampir 90 kilometer.

"Hutan kelapa sawit masih bisa dilihat sampai Kecamatan Babulu di Kabupaten Penajam Paser Utara. Rata-rata milik swasta yang saya tahu," kata Kanit Pengaturan Penjagaan dan Pengawalan Polres Paser, Latif Umar kepada KompasTravel di Kuaro, Jumat (8/5/2015).

Polisi yang mengawal hingga perbatasan Kabupaten Paser ini mengatakan di sepanjang perjalanan pesepeda dapat melihat aktivitas masyarakat dalam mengelola kebun kelapa sawit. Kendaraan yang melintasi Jalan Negara, Kalimantan Timur ini banyak didominasi oleh kendaraan pribadi dan truk pengangkut sawit.

Hal tersebut juga dikatakan oleh pesepeda dari Komunitas Gowes Tanah Paser, Hamid Hasyim. Ia menambahkan bahwa rata-rata masyarakat di sekitar kebun kelapa sawit merupakan para pendatang dari luar Pulau Kalimantan. Mereka bekerja sebagai buruh tani di kebun kelapa sawit. Sementara para pemilik kebun kelapa sawit berasal dari bermacam-macam golongan.

"Rata-rata pendatang dari timur Indonesia seperti Nusa Tenggara Barat dan Timur. Mereka tergabung dalam kelompok tani setiap kecamatan Paser. Pemiliknya ada dari masyarakat asli Kalimantan Timur yaitu Suku Paser, negara, swasta, dan pribadi dari luar Kalimantan," katanya.

Pantauan KompasTravel, pohon kelapa sawit dapat terlihat dari pinggir jalan. Hamparan pohon yang menjadi bahan minyak sawit ini lebih banyak ditemui saat menjauhi jalan utama. Di beberapa bagian jalan juga terlihat tempat yang menyediakan bibit pohon kelapa sawit.

Harian Kompas menggelar "Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan" dalam rangka mewujudkan mimpi merangkai nusantara dengan bersepeda. Pada tahun sebelumnya, Kompas telah menyelenggarakan Jelajah Sabang-Padang, Bali-Komodo, Manado-Makassar, dan Jakarta-Palembang. Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan berlangsung dari tanggal 4-10 Mei 2015. Para peserta "Jelajah Sepeda Kompas" telah melewati empat etape sebelumnya dari Banjarmasin hingga Tanah Grogot. Peserta Jelajah Sepeda Kompas berjumlah 50 orang dengan 7 di antaranya adalah perempuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.