Kompas.com - 11/05/2015, 11:25 WIB
|
EditorLatief

 

KOMPAS.com – Sedang merencanakan liburan ke Australia? Jangan lupa, lihat atraksi lumba-lumba di salah satu destinasi wisatanya. Kalau di Indonesia ada Pantai Lovina yang terkenal dengan lumba-lumbanya, di Negeri Kanguru Anda bisa menjumpai hal serupa di Port Stephens.

Pada dasarnya Port Stephens adalah kawasan pantai dan pelabuhan. Letaknya berada di Hunter Region, New South Wales. Dari Sydney, pelancong dapat menempuhnya selama kurang lebih dua setengah jam dengan jarak kurang lebih 160 kilometer dari pusat kota.

Di Port Stephens setidaknya ada 26 pantai berpasir keemasan, teluk yang ukurannya melebihi dua kali Sydney Harbour, serta semenanjung berpegunungan. Selama perjalanan menuju wilayah itu akan terhampar pemandangan hutan hujan yang hijau.

Melirik sejarahnya ke belakang, nama daerah ini diberikan oleh Captain Cook yang pada 11 Mei 1770 melewati tempat tersebut. Ia menamainya sebagai penghormatan pada Sir Phillip Stephens, seorang sekretaris angkatan laut pertama di zaman itu.

Wilayah Port Stephens diklasifikasikan menjadi tiga wilayah utama, yaitu Tomaree Peninsula, Tilligerry Peninsula dan Golden Bight. Menariknya, ketiga wilayah utama itu dikelilingi Port Stephen Bay dengan panorama menakjubkan berupa kapal-kapal besar yang singgah, serta pantai berpasir cantik.

Bagi wisatawan yang mengincar wisata bahari dan wisata alam bebas, tempat ini menawarkan keduanya sekaligus. Di sini mereka bisa berselancar, snorkeling, atau berkendara menjelajahi alamnya di satu wilayah.

Lumba-lumba hidung botol

Meski wilayah ini menawarkan beragam perjalanan wisata menarik, salah satu yang tak boleh luput dari agenda di Port Stephens ialah menyaksikan atraksi lumba-lumba. Ya, wilayah ini memang dikenal sebagai "Pusat Pengamatan Lumba-lumba".

Shutterstock Spesies lumba-lumba hidung botol kerap timbul dan tenggelam berganti-gantian di lautnya.

Spesies lumba-lumba hidung botol kerap timbul dan tenggelam berganti-gantian di lautnya. Jenis lumba-lumba ini memang yang paling mudah ditemui di laut mana pun. Warnanya abu-abu bervariasi, mulai dari abu-abu gelap di bagian atas dekat sirip punggung hingga abu-abu muda keputih-putihan di bagian bawah.

Lumba-lumba memang dikenal sebagai mamalia yang unik dan menyenangkan. Mereka dianggap senang menolong, bergaya dan bercengkerama dengan sesama. Perilaku ini kerap membuat siapa pun gemas dan tertarik melihatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.