Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PHRI Dorong Pemkab Garut Tata Destinasi Wisata

Kompas.com - 14/05/2015, 20:45 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut, Jawa Barat, mendorong pemerintah setempat menata daerah tujuan wisata agar dapat meningkatkan kunjungan dan kenyamanan pelancong. "Kami mendorong penataan destinasi wisata melalui pengembangan kawasan yang mengarah ke pembangunan industri wisata," kata Ketua PHRI Kabupaten Garut, Asep Haililusna kepada wartawan, Kamis (14/5/2015).

Ia menuturkan, PHRI merupakan organisasi yang menjalin kemitraan dengan pemerintah dalam mengupayakan membangun destinasi wisata di Garut.

Keberadaan hotel dan restoran, menurut Asep, merupakan aset daerah yang telah memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah melalui pembayaran pajak. "Pengusaha hotel dan restoran telah ambil bagian dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah, maka demikian sudah seharusnya pemerintah melakukan hal yang sama memperhatiakan keberadaan kami," katanya.

Asep menjelaskan, bentuk perhatian pemerintah seperti regulasi perbaikan fasilitas kawasan destinasi wisata, perbaikan jaringan infrastruktur jalan, menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.

KOMPAS/YUNIADHI AGUNG Suasana Situ Bagendit yang dijumpai dalam perjalanan dari Stasiun Cibatu, Garut, menuju Kota Garut, Jawa Barat, Senin (28/4/2014).
Selain itu, lanjut dia, pemerintah mampu mengurai kemacetan arus lalu lintas yang menuju kawasan pariwisata di Garut, serta memberikan kemudahan akses pelayanan perpajakan, investasi, perizinan dan birokrasi yang cepat dan efisien. "Upaya melahirkan formulasi di dalam pembangunan destinasi wisata Garut, menjadikan Garut sebagai kota tujuan wisata," katanya.

Ia berharap, terjalinnya pemahaman serta visi yang sama PHRI dengan pemerintah, maka akan mampu membangun sektor kepariwisataan di Garut.

Setelah itu, sambung Asep, destinasi wisata dapat tergali dan diberdayakan secara optimal sehingga dapat meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke Garut. "Dalam konteks membangun kesepahaman ini diharapkan nanti lahir komitmen bersama untuk menjadikan Garut sebagai kota tujuan wisata," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com