Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Replika Sepeda Kayu Tahun 1839 Hadir di Magelang Tempo Doeloe

Kompas.com - 16/05/2015, 14:32 WIB
MAGELANG, KOMPAS.com - Pameran Magelang Tempo Doeloe (MTD) yang digelar di alun-alun Kota Magelang, memberikan warna tersendiri bagi masyarakat untuk melihat sejarah. Apalagi, dalam pameran itu ditampilkan sejumlah benda antik, mulai dari sepeda kayu buatan tahun 1839 dan mobil klasik yang pernah dipakai Presiden Soekarno.

Puluhann sepeda tua tampak berjejeran di tengah-tengah alun-alun Kota Magelang. Sepeda tersebut kebanyakan klasik dan sudah berumur tua. Sementara itu, begitu memasuki stan Komunitas Kota Toea Magelang, sebuah sepeda cukup unik menarik perhatian.

Sebuah sepeda terbuat dari kayu berwarna kecoklatan itu menarik perhatian pengunjung. Sepeda tersebut nampak cukup tua dan unik, karena hampir sebagian besar bahannya terbuat dari kayu. Uniknya, sistem kayuhnya juga cukup kuno.

Sepeda tersebut merupakan replika sepeda kayu buatan Skotlandia. Dari katalog sepeda tersebut disebutkan nama sepeda tersebut Old Dragon dengan tahun pembuatan sekitar 1839. Sangat antik dan klasik bagi ukuran sebuah sepeda kayuh.

Namun, siapa bakal menyangka, jika sepeda kayu antik ini awalnya ditemukan saat hendak dijadikan kayu bakar. Sang pemilik sepeda, Bagus Priyana menjelaskan, pada awalnya sepeda yang hampir 80 persen terbuat dari kayu jati itu didapat secara tidak sengaja. Karena, dia mendapatkan salah satu rangka sepeda dari kayu bakar.

"Sekitar tiga tahun lalu, ibu saya diberi setumpuk kayu bakar untuk keperluan memasak di dapur oleh tetangga. Setelah dipilah-pilah, ternyata salah satunya merupakan rangka sepeda,” ujar Bagus saat ditemui Tribun Jogja, Jumat (15/5/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com