Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Obyek Wisata Wajib di Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar

Kompas.com - 18/05/2015, 12:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

PADANG, KOMPAS.com - Sumatera Barat dapat menjadi salah satu pilihan destinasi wisata bagi para wisatawan untuk berlibur akhir pekan. Berbagai obyek wisata alam dan budaya terdapat di provinsi yang terkenal dengan ciri khas arsitektur Rumah Gadang ini. Berbagai objek wisata yang ada di Sumatera Barat yaitu Lembah Harau, Lembah Anai, Pantai Padang, Jam Gadang Bukit Tinggi, Istana Pagaruyung, Danau Singkarak, Danau Maninjau, dan berbagai obyek wisata lain.

Namun Sumatera Barat memiliki potensi obyek wisata lain tak kalah menarik yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan. Pulau-pulau besar dan kecil yang berbatasan dengan Samudera Hindia menawarkan keindahan alam yang indah. Bukit-bukit dan air terjun yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan dapat menjadi alternatif wisata yang terjangkau dari Kota Padang. Berikut adalah lima obyek wisata wajib dikunjungi di Kabupaten Pesisir Selatan.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pulau Setan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kamis (14/5/2015). Pulau Setan berada di kawasan Taman Wisata Air Mandeh.

1. Pulau Setan

Biru laut, pasir pantai, dan keheningan pulau yang tak berpenghuni ini akan menemani wisatawan yang berkunjung ke Pulau Setan. Dengan ombak yang kecil, wisatawan dapat berenang di sekitar tepi laut. Jika tidak ingin berenang, mengelilingi pulau juga menjadi salah satu pilihan kegiatan yang dapat dilakukan.

Pulau Setan terletak di sebelah barat Sungai Pisang dan di sebelah timur Pulau Pasumpahan. Wisatawan dapat menuju Pulau Setan dengan menempuh perjalanan laut dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Carocok Tarusan. Perahu-perahu di TPI Carocok Tarusan siap mengantarkan menuju Pulau Setan dengan tarif pergi pulang (PP) Rp 20.000/orang.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan menikmati keindahan pantai pasir putih di Pulau Cingkuak, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Jumat (15/5/2015). Pulau Cingkuak yang berdekatan dengan Pantai Carocok menyediakan wahana air seperti banana boat dan flying fish.

2. Pantai Carocok Painan

Terletak di Kecamatan IV Jurai, Pantai Carocok Painan merupakan salah satu obyek wisata yang ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal di Sumatera Barat. Memiliki jarak tempuh sekitar 77 kilometer dari Kota Padang dan ditempuh dalam waktu dua jam. Di Pantai Carocok Painan memiliki jembatan yang menghubungkan dengan Pulau Batu Kareta. Wisatawan dapat menyeberang dengan berjalan kaki.

Tidak jauh dari Pulau Batu Kareta, wisatawan dapat menyeberang ke Pulau Cingkuak menggunakan perahu. Biaya yang dibutuhkan adalah Rp 20.000/orang untuk pergi dan pulang. Di Pulau Cingkuak, wisatawan dapat menikmati berbagai wahana olahraga air seperti banana boat, jetski, donat boat, dan berbagai variasi bentuk perahu karet. Harga yang ditawarkan untuk mencoba mencoba wahana air cukup bervariasi mulai dari Rp 20.000-Rp 150.000.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Matahari terbenam terlihat dari Puncak Bukit Langkisau, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Jumat (15/5/2015). Dari bukit ini wisatawan bisa menyaksikan Samudera Hindia, Pantai Salido, dan Teluk Painan.

3. Bukit Langkisau

Puas bermain di laut, wisatawan dapat menuju Bukit Langkisau yang terletak tak jauh dari Pantai Carocok Painan. Bukit Langkisau hanya berjarak sekitar dua kilometer atau 10 menit ditempuh dengan kendaraan bermotor. Di Bukit Langkisau, wisatawan dapat menikmati pemandangan sepanjang pantai pesisir selatan, Sumatera Barat dan pemukiman warga serta jajaran Bukit Barisan Selatan yang memanjang.

Untuk para pencinta olahraga udara, di Bukit Langkisau dapat mencoba paralayang dan paramotor. Wisatawan dapat terbang dengan para pilot yang telah tersertifikasi oleh Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). Harga yang ditawarkan untuk menikmati olahraga udara tersebut yaitu sebesar Rp 300.000. Selain itu, kegiatan yang dapat dilakukan di Bukit Langkisau adalah melihat matahari terbenam.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Obyek wisata Jembatan Akar, Desa Pulut Pulut, Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Jumat (15/5/2015). Jembatan Akar yang menghubungkan Desa Pulut Pulut dengan Desa Lubuak Silau terletak kurang lebih 80 km dari kota Padang.

4. Jembatan Akar Bayang

Ternyata Sumatera Barat juga memiliki jembatan akar seperti di Baduy, Banten. Jembatan akar ini bernama Jembatan Akar Bayang. Jembatan Akar Bayang ini terletak di Kampung Pulut-Pulut, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara. Ditempuh dari Painan, objek wisata unik ini berjarak sekitar 24 kilometer. Jika ditempuh dari Kota Padang, wisatawan dapat menemukan jembatan akar ini setelah menempuh perjalanan sekitar 65 kilometer. Jembatan akar ini terbentuk dari akar-akar pohon beringin yang saling melilit sehingga membentuk jembatan.

Jembatan Akar Bayang merupakan jembatan penghubung antara Kampung Puluik-Puluik dan Kampung Lubuk Silau. Di bawah jembatan akar, mengalir deras Sungai Bayang. Jalinan akar-akar pohon beringin yang membentuk jembatan ini dipercaya sudah ada sejak tahun 1916. Untuk memasuki obyek wisata Jembatan Akar Bayang ini, wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Air Terjun Bayang Sani, Kecamatan Bayang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Jumat (15/5/2015). Air Terjun Bayang Sari ditempuh satu jam berkendara mobil dari pusat Kota Painan.

5. Air Terjun Bayang Sani

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com