Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batu Malin Kundang Jadi Tujuan Wisata Peselancar

Kompas.com - 18/05/2015, 13:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Andrinof Chaniago mengatakan tempat wisata Batu Malin Kundang dan Pantai Air Manis menjadi tujuan wisata peselancar pemula.

"Para pemula 'surfing' (berselancar) itu banyak sekali," katanya saat mengunjungi wisata Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis, Padang, Sumatera Barat, Minggu (17/5/2015).

Ia mengatakan tempat wisata itu juga memiliki potensi alam yang indah dengan pantai dan obyek wisata Batu Malin Kundangnya. "Secara alam dia (wisata Batu Malin Kundang) sangat menarik secara alam, lokasinya di tengah-tengah kota. Potensinya bagus sekali," ujarnya.

Menurut Andrinof, pantai itu memiliki ombak berlapis-lapis yang jarang ditemukan di Sumatera sehingga para peselancar pemula berkunjung untuk berselancar.

"Ombaknya bagus berlapis-lapis. Kalau ombak sudah seperti di Kuta, Bali, sedangkan di Sumatera itu jarang dapat ombak yang seperti begini," tuturnya.

Selain itu, Pantai Air Manis juga memiliki lingkungan yang kaya akan hutan tropisnya. "Jadi kalau lokasi secara alam bagus sekali tinggal masyarakatnya. Kalau tidak ada yang bisa mengubah masyarakatnya, susah. Dari dulu seperti begini saja ini," ujarnya.

Andrinof berkunjung ke Padang dalam rangka membuka Mandeh Joy Sailing dan Festival Mandeh 2015 di kawasan wisata Mandeh di pesisir selatan Sumatera Barat, yang mana acara itu dibuka pada Sabtu (16/5/2015).

Di daerah asalnya itu, Andrinof mengaku rindu terhadap makanan Padang seperti sate, soto, ikan bakar, dan gulai jengkol. "Di Padang ini saya biasanya kalau pulang kangen dengan makanannya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com