Pengoperasian Kapal Cepat Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Lombok

Kompas.com - 18/05/2015, 20:06 WIB
EditorI Made Asdhiana
TANJUNG, KOMPAS.com - Pengusaha kapal penyeberangan berkomitmen terus membantu mendongkrak jumlah wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), melalui Bali.

Operation Manager Gili Cat Gili Trawangan, Catur, di Lombok Utara, Senin (18/5/2015), mengatakan keberadaan fast boat atau kapal cepat yang melayani penyeberangan dari Bali ke Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, Kabupaten Lombok Utara, mampu mendongkrak pariwisata Lombok.

Menurut dia, rata-rata tingkat kunjungan wisatawan asing yang masuk ke Lombok menggunakan jasa kapal cepat bisa mencapai 700 orang per hari. Bahkan, wisatawan asing yang mengunjungi Gili Indah, di Lombok Utara, dengan jasa penyeberangan kapal cepat ini mencapai 90 persen dari total jumlah pengunjung.

"Awalnya, kapal cepat yang melayani penyeberangan dari Bali ke tiga gili tersebut dirintis pertama kali oleh perusahaan berbendera Bounty. Sempat memang jasa penyeberangan kapal cepat itu mengalami masa surut, tapi sekarang cukup diminati," katanya.

Seiring meningkatnya kunjungan wisatawan ke Lombok, lanjut Catur, jumlah operator kapal cepat yang melayani penyeberangan langsung dari Bali ke tiga gili di Lombok Utara, juga meningkat cukup pesat.

Peluang bisnis kapal cepat itu mulai dilirik investor sejak empat tahun terakhir. Tepatnya, sejak kepindahan bandar udara dari Bandara Selaparang, Kota Mataram, ke Bandara Internasional Lombok di Tanak Awu, Kabupaten Lombok Tengah.

"Saat ini, kapal cepat Bali-Gili dimiliki sekitar 14 operator. Hanya saja, ada beberapa operator yang sudah tidak beroperasi," ujarnya.

Menurut Catur, rata-rata setiap operator melayani penyeberangan sekali dalam sehari, sedangkan jumlah penumpang yang diangkut kapal cepat ini bervariasi, yakni antara 30 sampai 150 wisatawan.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan tiba di Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/4/2014).
Tingginya animo wisatawan asing yang masuk ke Lombok juga dipengaruhi oleh maksimalnya pelayanan yang diberikan operator penyeberangan kapal cepat. Rata-rata, harga yang ditawarkan operator kapal cepat ini bervariasi, yakni Rp 350.000 hingga Rp 690.000 untuk sekali penyeberangan. "Hampir semua operator kapal cepat melayani antar-jemput penumpang," ujar Catur yang sudah bergabung bersama Gili Cat sejak 2009 lalu.

Selain harga yang kompetitif, jasa penyeberangan kapal cepat dipilih wisatawan asing lantaran maksimalnya pelayanan yang diberikan operator. Biasanya, wisatawan asing mulai ramai menggunakan kapal cepat untuk berlibur ke tiga Gili Indah, mulai Juni hingga November.

Pada musim ramai, setiap operator kapal cepat hampir dipenuhi penumpang setiap kali jalan. "Pada musim ramai, wisatawan asing yang menggunakan penyeberangan kapal cepat ini mencapai 500 orang sampai 700 orang per hari. Pokoknya, 90 persen wisatawan asing masuk Lombok menggunakan jasa kapal cepat ini," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.