3 Tips Penting Saat Berwisata ke Pesisir Selatan Sumbar

Kompas.com - 22/05/2015, 10:07 WIB
Para wisatawan berfoto sebelum meninggalkan Pulau Setan di Kawasan Wisata Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Pulau Setan terletak di sebelah barat Sungai Pisang dan sebelah timur Pulau Pasumpahan. Untuk menuju pulau ini, wisatawan dapat menempuh dengan perahu dari Tempat Pelelangan Ikan Carocok Tarusan. Kompas.com/Wahyu Adityo ProdjoPara wisatawan berfoto sebelum meninggalkan Pulau Setan di Kawasan Wisata Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Pulau Setan terletak di sebelah barat Sungai Pisang dan sebelah timur Pulau Pasumpahan. Untuk menuju pulau ini, wisatawan dapat menempuh dengan perahu dari Tempat Pelelangan Ikan Carocok Tarusan.
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.comSumatera Barat memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Pilihan tempat wisata seperti Lembah Harau, Danau Maninjau, Danau Singkarak, Jam Gadang di Bukit Tinggi, dan berbagai obyek wisata lain dapat dikunjungi. Selain itu, wisata kuliner pun juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Namun, Sumatera Barat juga memiliki beragam destinasi wisata yang tak kalah menarik yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan dari Puncak Mandeh, wahana air di Pulau Cingkuak,  matahari tenggelam di Bukit Langkisau, mengunjungi Air Terjun Bayang Sani hingga menyelam di Teluk Mandeh. Berikut adalah tips yang dapat diperhatikan oleh wisatawan ketika berwisata di Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Transportasi

Wisatawan yang akan mengunjungi objek-objek wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dapat menggunakan jalur darat, udara, dan laut. Wisatawan pertama kali dapat menggunakan pesawat udara menuju Bandara Internasional Minangkabau. Dari bandara, wisatawan dapat melanjutkan transportasi menggunakan mobil sewa dan taksi. Pilihan lain yang dapat wisatawan gunakan adalah jalur laut melalui Pelabuhan Teluk Bayur dengan menyewa kapal cepat.

Setelah tiba di Kabupaten Pesisir Selatan, pilihan transportasi yang dapat digunakan adalah mobil atau motor. Untuk mempermudah mengunjungi objek wisata, wisatawan dapat menyewa kendaraan. Untuk harga mobil sewa dan taksi hingga Pesisir Selatan berkisar dari Rp 200.000 sampai Rp 250.000. Harga penyewaan motor untuk berkeliling di Pesisir Selatan yaitu Rp 100.000 - Rp 150.000 per hari di luar bahan bakar. Untuk harga kapal penyeberangan ke pulau-pulau kecil, setiap wisatawan dipatok harga sebesar Rp 20.000 untuk pergi pulang.

Perjalanan dari Bandara Internasional Minangkabau menuju Kabupaten Pesisir Selatan dapat dicapai dengan lama perjalanan darat sekitar dua jam. Di Kabupaten Pesisir Selatan masih belum tersedia angkutan yang mempermudah mobilisasi dari obyek ke obyek wisata lain. Maka lebih baik menyewa mobil atau motor untuk mempermudah mobilisasi.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Para wisatawan sedang berfoto di Puncak Mandeh, Kecamatan Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kamis (14/5/2015).

Perlengkapan

Pilihan atraksi wisata yang ada di Pesisir Selatan, Sumatera Barat beraneka ragam. Namun wisata laut menjadi andalan obyek wisata yang ditawarkan. Seperti Mandeh, kawasan wisata yang didominasi oleh laut. Pulau Cingkuak, Setan, dan titik penyelaman Kapal Bulungan di Teluk Mandeh merupakan wisata laut yang dapat dinikmati. Tentunya memerlukan perlengkapan yang lengkap.

Perlengkapan yang jangan lupa dibawa adalah pakaian ganti. Wisatawan akan disuguhkan dengan biru laut yang siap memanjakan. Jika membawa kamera, sertakan pelindung air untuk mencegah kerusakan. Jika ingin menyelam dan tidak memiliki alat penyelaman, jangan khawatir. Salah satu operator penyelaman yang berada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Carocok Tarusan menyewakan perlengkapan menyelam.

Logistik Makanan

Berwisata pasti tak akan terlepas dari urusan perut. Untuk melakukan kegiatan wisata dengan nyaman dan menyenangkan, jangan lupa untuk membekali perjalanan dengan makanan dan minuman. Namun jika berkunjung ke obyek-obyek wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, jangan khawatir dengan ketersediaan makanan untuk menemani liburan. Terdapat toko-toko yang menyediakan makanan dan minuman di sekitar objek wisata Kabupaten Pesisir Selatan.

Makanan dan minuman yang tersedia di sekitar objek wisata di Kabupaten Pesisir Selatan seperti minuman mineral dan bersoda, biskuit, mie instan, kacang, dan berbagai jenis lain. Seperti di dekat Pantai Carocok, terdapat hidangan nasi padang. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X