Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Kaca Tertinggi di Dunia Bakal Hadir di Tiongkok?

Kompas.com - 22/05/2015, 12:18 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com – Salah satu fungsi jembatan untuk menghubungkan dua tempat yang terpisahkan oleh jurang dalam maupun sungai. Jembatan pada umumnya terbuat dari material kayu, beton, hingga baja. Namun bagaimanakah jika terbuat dari kaca dan memiliki rekor sebagai jembatan terpanjang dan tertinggi di dunia?

Dikutip dari CNN Travel, Tiongkok akan memiliki jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia. Jembatan kaca ini berlokasi di Zhangjiajie, sebuah taman nasional di Provinsi Hunan. Jembatan ini terbentang di dua tebing pada kawasan Zhangjiajie Grand Canyon sepanjang 430 meter dan lebar 6 meter. Jembatan kaca ini hadir di ketinggian 300 meter.

Jika dibandingkan, Grand Canyon Skywalk di Amerika Serikat hanya memiliki panjang 21 meter dan terbentang di ketinggian 219 meter dari dasar tebing. Sementara Jembatan Gletser di Kanada yang dibuka tahun lalu hanya memiliki panjang 35 meter dan 300 meter dari dasar tebing.

Haim Dotan Zhangjiajie Grand Canyon akan menjadi jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia dan diresmikan pada bulan Juli.

Jembatan kaca ini dirancang oleh arsitek berkebangsaan Israel, Haim Dotan. Ia juga merupakan orang di balik acara “Expo 2010 Shanghai Israel Pavilion”. Dotan mengatakan bahwa jembatan ini akan menyajikan tempat untuk peragaan busana dan dapat menampung 800 orang sekali menyeberang.

Jembatan Grand Canyon di Zhangjiajie juga akan menawarkan “Bungee Jump” tertinggi di dunia. Jembatan ini akan memecahkan rekor yang telah diraih Tower Macau dengan tinggi 233 meter.

Zhangjiajie merupakan tempat yang dirancang untuk para wisatawan dengan luas 56 kilometer persegi di dalam “Wulingyuan Scenic Area”.  Area wisatawan ini telah dibuka sejak tahun 2009 dan dianggap menjadi tempat yang menginspirasi tempat yang indah di film Avatar (2009) karya James Cameron.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com