Kompas.com - 22/05/2015, 12:18 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com – Salah satu fungsi jembatan untuk menghubungkan dua tempat yang terpisahkan oleh jurang dalam maupun sungai. Jembatan pada umumnya terbuat dari material kayu, beton, hingga baja. Namun bagaimanakah jika terbuat dari kaca dan memiliki rekor sebagai jembatan terpanjang dan tertinggi di dunia?

Dikutip dari CNN Travel, Tiongkok akan memiliki jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia. Jembatan kaca ini berlokasi di Zhangjiajie, sebuah taman nasional di Provinsi Hunan. Jembatan ini terbentang di dua tebing pada kawasan Zhangjiajie Grand Canyon sepanjang 430 meter dan lebar 6 meter. Jembatan kaca ini hadir di ketinggian 300 meter.

Jika dibandingkan, Grand Canyon Skywalk di Amerika Serikat hanya memiliki panjang 21 meter dan terbentang di ketinggian 219 meter dari dasar tebing. Sementara Jembatan Gletser di Kanada yang dibuka tahun lalu hanya memiliki panjang 35 meter dan 300 meter dari dasar tebing.

Haim Dotan Zhangjiajie Grand Canyon akan menjadi jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia dan diresmikan pada bulan Juli.

Jembatan kaca ini dirancang oleh arsitek berkebangsaan Israel, Haim Dotan. Ia juga merupakan orang di balik acara “Expo 2010 Shanghai Israel Pavilion”. Dotan mengatakan bahwa jembatan ini akan menyajikan tempat untuk peragaan busana dan dapat menampung 800 orang sekali menyeberang.

Jembatan Grand Canyon di Zhangjiajie juga akan menawarkan “Bungee Jump” tertinggi di dunia. Jembatan ini akan memecahkan rekor yang telah diraih Tower Macau dengan tinggi 233 meter.

Zhangjiajie merupakan tempat yang dirancang untuk para wisatawan dengan luas 56 kilometer persegi di dalam “Wulingyuan Scenic Area”.  Area wisatawan ini telah dibuka sejak tahun 2009 dan dianggap menjadi tempat yang menginspirasi tempat yang indah di film Avatar (2009) karya James Cameron.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN Travel
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.