Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar: Target Kepri 2,5 Juta Wisman Pasti Tercapai

Kompas.com - 24/05/2015, 07:46 WIB
LAGOI, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya optimistis target Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk mendatangkan 2,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2015 tercapai.

"Bintan, merupakan salah satu destinasi utama pariwisata di Indonesia. The next Bali itu Bintan," kata Arief Yahya usai membuka Bintan Triathlon 2015 di Nirwana Gardens, Lagoi, Sabtu (23/5/2015).

Didampingi Wagub Kepri Soerya Respationo, Menpar yang baru pertama kali membuka Bintan Triathlon 2015 ini sangat yakin keberadaan Provinsi Kepri yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia akan mampu mengundang wisman dari negara tetangga itu ke Kepri.

"Pasti tercapai. Singapura itu ada 16 juta wisman, sebanyak 1,6 juta ekspatriat. Apalagi Juli nanti pemerintah akan bebaskan visa untuk 30 negara. Nantinya akan ada 6 titik di Kepri di mana wisman masuk bebas visa," katanya.

Kelemahan kita, lanjut Arief adalah komunikasi. Oleh karena itu, Juli nanti komunikasi akan diperkuat melalui promosi di berbagai jaringan televisi internasional untuk lebih mengangkat lagi potensi pariwisata Indonesia ke pentas dunia.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau (Kepri) Guntur Sakti bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya usai melepas peserta Triathlon 2015 di Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu (23/5/2015).
Wagub Kepri Soerya Respationo berupaya mengajak masyarakat Kepri untuk sadar wisata agar wisman lebih banyak lagi berpelesir ke provinsi ini. "Kami melibatkan TNI dan Polri untuk mengajak masyarakat Kepri semakin sadar wisata," katanya.

Bupati Bintan Ansar Ahmad pada kesempatan itu memaparkan pihaknya akan memberikan pelayanan secepatnya kepada investor sektor pariwisata untuk membangun perhotelan di Bintan. Ansar optimistis, jika hotel semakin banyak di Bintan, bandara diperluas, maka kegiatan semacam Bintan Triathlon dengan membawa 4.000 hingga 5.000 wisman akan semakin memudahkan mereka mencari penginapan di Bintan.

Maka, lanjut Menpar, promosi itu penting. "Pariwisata Indonesia ibarat wanita cantik, tapi tak ada yang tahu," kata Arief Yahya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com