Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tailana Aceh Singkil, Pulau Tropis Terindah di Nusantara...

Kompas.com - 27/05/2015, 16:38 WIB
KOMPAS.com - Kepulauan Banyak di Aceh Singkil merupakan kepulauan yang masih belum banyak orang tahu. Di Kepulauan Banyak ini tersebar sebanyak 70 pulau. Sebagian besar pulau yang tak berpenghuni dan sebagian adalah resort-resort sederhana yang langsung menghadap ke pantai. Ketika datang kesini memang saya tidak banyak mengeksplor yang jumlahnya lebih dari 60 pulau tersebut. Saya mengeksplor beberapa pulau yang katanya dibilang bagus.

Saya mengunjungi Pulau Tailana. Pulau ini sangat asyik untuk snorkeling. Ada beberapa resort sederhana di sini yang dimiliki orang lokal. Di sekitar pulau kita bisa trekking dan menikmati hamparan pasir putih yang mempesona. Ketika ke sini saya membawa drone untuk kebutuhan foto udara. Tampak jelas terlihat di sekitar pulau sangat banyak karangnya. Sayang, karang dis ini sebagian banyak yang rusak karena ulah nelayan dan masyarakat setempat yang kurang menjaganya.

BARRY KUSUMA Berlibur di Pulau Tailana, Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.
Kepulauan Banyak di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh ini merupakan salah satu destinasi wisata bahari di Pulau Sumatera yang sangat indah dan belum banyak dikenal wisatawan. Kepulauan Banyak memiliki banyak pantai yang panjang dan indah. Pasir putihnya lebih lembut dan memanjakan wisatawan agar betah berlama-lama menghabiskan liburannya. Lambaian daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana tamasya dengan pemandangan alam pantai tropis. Apalagi kalau ke sini dengan teman dekat dan sahabat, wah seru banget! Alasannya, lamanya perjalanan menuju Kepulauan Banyak cukup membuat pegal dan bosan di jalan.

Untuk melakukan perjalanan ke Kepulauan Banyak dapat melalui Jakarta menggunakan penerbangan ke Medan karena akses tercepat ke Kepulauan Banyak melalui Medan. Berikutnya dari Medan menggunakan jalan darat menuju Aceh Singkil memakan waktu 8-10 jam. Tiba di pelabuhan Aceh Singkil yang letaknya tidak jauh dari pusat kota kabupaten di sini ada beberapa alternatif pilihan penyeberangan dari Aceh Singkil ke Kepulauan Banyak.

BARRY KUSUMA Menikmati senja di Pulau Tailana, Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.
Ada beberapa alternatif transportasi laut dari Aceh Singkil ke Kepulauan Banyak. Pertama, feri dengan waktu tempuh 4 jam dan jadwal keberangkatan 1 minggu sekali. Kedua, angkutan rakyat yang biasa untuk mengangkut sembako dari Pelabuhan Jembatan Tinggi dengan tarif Rp 50.000 dan lama perjalanan sekitar 4 jam. Jadwal keberangkatan tiap hari jam 07.00 pagi menuju Pulau Balai. Ketiga, menyewa speedboat atau kapal kayu. Tarif sewa tergantung dari hari pelayaran dan ukuran kapal.

Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di Kepulauan Banyak, seperti di bawah ini.

Bersantai di pantai. Ketika melakukan perjalanan jauh dari Medan ke Aceh Singkil lumayan melelahkan. Setiba di Kepulauan Banyak kita bisa bersantai sambil menyantap cemilan dan minuman dingin sambil menikmati keindahan alam dan pulau di sana.

Snorkeling. Snorkeling di sekitar pulau memang menyenangkan. Saran saya pilih lah kapal yang kecil agar bisa menepi ke pulau-pulau yang kecil. karena banyak keindahan pantai yang masih bagus di pulau-pulau ini.

BARRY KUSUMA Snorkeling di perairan Pulau Tailana, Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.
Surfing. Bagi yang bisa surfing disinilah tempatnya. karena Kepulauan Banyak punya 2 titik ombak dengan ketinggian mencapai 6 meter. Salah satunya adalah Pulau Bangkaru, ujung Silingar dan bagian selatan Pulau Tuangku. Tempat yang paling sering dikunjungi para peselancar adalah Pantai Amandangan dan Pantai Pelanggaran di Pulau Bangkaru.

Saat yang tepat untuk mengunjungi Kepulauan Banyak adalah sekitar Januari hingga Mei di mana cuaca terbilang bersahabat. Walaupun Kepulauan Banyak merupakan tempat eksotis tetapi sayang sarana dan prasarana belum lengkap. Apalagi kekurangan transportasi antarpulau menyebabkan transportasi laut menjadi mahal. Meski mahal, ternyata ada sisi positifnya yaitu kebersihan kawasan ini terjaga.

Kalau bicara mahalnya biaya transportasi, bukan saja dialami Kepulauan Banyak di Aceh Singkil saja, destinasi lain di Nusantara pun masih mengalami kendala serupa.

BARRY KUSUMA Pulau Tailana di Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.
Oleh karena itu ketika saya wisata ke pelosok Nusantara, saya lebih suka trip bareng teman banyak atau ikut trip yang diadakan operator trip yang terpercaya, dengan tujuan cost sharing dan biaya yang saya keluarkan jauh lebih murah kalau dibandingkan saya sendirian ke sana.

Pada saat saya ke Kepulauan Banyak, kebetulan saya ikut trip bersama mas Dwi dari TukangJalan.com dan ke sini bareng teman-teman dekat sehingga lamanya perjalanan tidak terasa. Buat yang ingin ke Kepulauan Banyak dan menanyakan akomodoasi dan lain-lain, silakan hubungi mas Dwi (tuk4ng.jalan@gmail.com) dengan nomor telepon 081315890191. Selamat menikmati keindahan alam Indonesia. (BARRY KUSUMA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com