Kompas.com - 05/06/2015, 05:01 WIB
Penulis Wisnubrata
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

SENTANI, KOMPAS.com - Memasuki etape ketiga Jelajah Sepeda Papua, para pesepeda akan menempuh jarak sekitar 85 kilometer. Peserta akan berangkat Jumat pagi (5/6/2015) dari Sentani menuju Jayapura melalui rute-rute berkeliling dan mengunjungi lokasi- lokasi yang berada di perbukitan di Jayapura.

Menurut Road Captain Marta Mufreni, pesepeda akan mengunjungi Mc Arthur - Waena - Abepura - Sky Line - Entrop - Tasangka - Polinak - Pemancar/Jayapura City, diselingi makan siang dan sembahyang jumat di masjid Bucend - Hasrat Abadi - Polinak lll - Kodam - Paldam - APO - Dok V Atas - Mess Polwan - Dok IV - kantor gubernur - lalu finish di Taman Imbi.

"Beberapa titik berada di bukit alias ada tanjakan hari ini," ujar Marta, Jumat pagi (5/6/2015) sebelum rombongan memulai perjalan.

Mengingat etape sebelumnya yang juga penuh tanjakan dan cuaca yang panas, para peserta berharap pada etape ini cuaca lebih bersahabat untuk bersepeda. "Sepertinya hari ini panas seperti kemarin," ujar Devin, salah satu peserta jelajah.

Jelajah Sepeda Papua yang diadakan Harian Kompas dibagi menjadi lima etape dengan waktu lima hari. Berangkat dari Sarmi, Rabu (3/6/2015) pesepeda gowes sejauh 123 kilometer menuju Bonggo pada etape pertama. Di Bonggo para peserta bermalam di tenda. Dilanjutkan keesokan harinya, pada etape kedua, peserta gowes dari Bonggo menuju Sentani yang berjarak 147 kilometer.

Etape ketiga menempuh jarak 85 kilometer dari Sentani ke Jayapura, sekaligus berkeliling di kota Jayapura. Etape selanjutnya adalah Jayapura-Merauke-Sota. Pada etape ini pesepeda terbang ke Merauke, lalu dilanjutkan menempuh jarak 80 kilometer ke Sota, wilayah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini.

Pada etape kelima, setelah menginap di tenda, para pesepeda akan menempuh jarak 90 kilometer dari Sota menuju kota Merauke, melewati Taman Nasional Wasur, dan finish di Lapangan Mandala Merauke.

Jelajah Sepeda Kompas sebelumnya diselenggarakan di berbagai lokasi, seperti melintasi Pulau Jawa, Sumatra, mengelilingi Kalimantan dan Sulawesi, serta menjelajahi Bali dan Nusa Tenggara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.