Pulau Weh Jadi Destinasi Utama Pariwisata Aceh

Kompas.com - 08/06/2015, 17:12 WIB
Tugu Nol Kilometer di Sabang, Provinsi Aceh. KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANATugu Nol Kilometer di Sabang, Provinsi Aceh.
EditorI Made Asdhiana
BANDA ACEH, KOMPAS.com - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menjadikan Pulau Weh sebagai destinasi utara pariwisata di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

"Kami menjadikan Pulau Weh sebagai destinasi pariwisata utama di Aceh selain sudah dikenal di dunia, Pulau Weh potensinya menjanjikan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi di Banda Aceh, Senin (8/6/2015).

Pulau Weh lebih dikenal dengan Sabang. Pulau ini merupakan wilayah administratif Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Selain dikenal banyak memiliki tujuan pariwisata, Pulau Weh yang jaraknya sekitar 18 mil laut dari daratan Pulau Sumatera, masuk dalam kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas Sabang.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Kelok 13 di Sabang, Aceh
Menurut Reza, tujuan dijadikannya sebagai destinasi utama agar Pulau Weh menjadi pintu gerbang pariwisata Aceh, serta mendukung pariwisata di 23 kabupaten/kota lainnya di Provinsi Aceh.

"Dari Pulau Weh, wisatawan bisa melanjutkan pelancongannya ke berbagai destinasi wisata lainnya di Provinsi Aceh. Dan ini akan menguntungkan wisatawan karena bisa melihat keberagaman pariwisata di provinsi ini," katanya.

Selain itu, lanjut Reza, tujuan menjadikan Pulau Weh sebagai destinasi utama pariwisata Aceh adalah sebagai bentuk komitmen Pemerintah Aceh menjadikan Sabang sebagai daerah unggulan tujuan wisata nasional.

Untuk menjadikan Pulau Weh destinasi utama pariwisata Aceh, menurut Reza, pihaknya memperkuat infrastruktur yang ada serta membangun informasi pariwisata Aceh agar wisatawan mengetahui destinasi wisata lainnya di provinsi ini.

SERAMBI / M ANSHAR Penyelam melihat sea fans di kedalaman 25 meter di bawah laut di Tokong Dive Site, Sabang, Sabtu (11/4/2015). Sea fans (kipas laut) merupakan biota bawah laut yang paling diminati para penyelam lokal dan mancanegara di Pulau Weh.
Misalnya, jika wisatawan ingin mengetahui pariwisata Muslim, bisa berkunjung ke Banda Aceh. Atau pun ingin berwisata sejarah, bisa berkunjung ke Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara.

"Tidak hanya Sabang dengan Pulau Weh. Kami juga mempromosikan destinasi pariwisata lainnya di Provinsi Aceh. Karena daerah ini memiliki potensi pariwisata menjanjikan," tambah Reza Fahlevi.



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X