Kompas.com - 10/06/2015, 12:35 WIB
Di bagian barat Australia, misalnya. Tepatnya di Gantheaume Point, wisatawan dapat melihat jejak kaki dinosaurus yang diperkirakan sudah berusia 130 juta tahun. Tourism AustraliaDi bagian barat Australia, misalnya. Tepatnya di Gantheaume Point, wisatawan dapat melihat jejak kaki dinosaurus yang diperkirakan sudah berusia 130 juta tahun.
|
EditorLatief

 

KOMPAS.com – Waktu berjalan terus ke depan. Apa yang masih bisa dikenang dari keberadaan hewan purba raksasa seperti dinosaurus? Bila tak ditemukan fosilnya, mungkin cerita tentang hewan terbesar yang hidup di muka bumi ini hanya dianggap sebagai legenda belaka.

Temuan demi temuan menangkis hal tersebut. Penelitian berdasarkan fosil, telur hingga jejak kaki dinosaurus yang ditemukan membantah bahwa kisah mereka memang benar-benar ada kendati mereka hidup ratusan juta tahun lalu.

Berbagai macam temuan tersebut kerap menjadi konsumsi bahasan di tengah masyarakat. Orang masa kini menganggap bahwa temuan langka dari hewan purba itu sebagai sesuatu yang mencengangkan. Karena itu, pameran bertema dinosaurus selalu banyak dikunjungi oleh masyarakat, khususnya anak-anak.

Sama halnya dengan film fiksi ilmiah Jurassic Park yang mencatat angka jutaan penonton. Penggemarnya sangat banyak, bahkan yang tak sabar menanti seri terbarunya. Sampai kini, seperti itulah dinosaurus di hati masyarakat dunia.

Mencari Jejak Dinosaurus

Masih dengan antusias yang sama, selain pameran dan hiburan, beberapa kawasan wisata yang menawarkan wisata berbasis sains seperti tanda-tanda kehadiran dinosaurus selalu ramai wisatawan.

Di bagian barat Australia, misalnya. Tepatnya di Gantheaume Point, wisatawan dapat melihat jejak kaki dinosaurus yang diperkirakan sudah berusia 130 juta tahun.

Tourism Australia Pada dasarnya Gantheaume Point merupakan pantai dengan banyak bebatuan besar dan tebing-tebing tinggi.

Pada dasarnya Gantheaume Point merupakan pantai dengan banyak bebatuan besar dan tebing-tebing tinggi. Letaknya di ujung selatan Cable Beach yang hanya berjarak 6 kilometer dan dapat ditempuh selama 10 menit berkendara dari Kota Broome, Australia Barat.

Memang, Gantheaume Point memiliki sejarah menarik. Dari jejak kaki yang diidentifikasi, dahulu tempat ini dihuni oleh 9 spesies dinosaurus. Jejak-jejak kaki tersebut dapat dilihat langsung saat air laut sedang surut.

Untuk mengetahui waktu terbaik melihatnya, wisatawan diperkenankan mengunjungi Broome Visitor Centre sebelumnya. Tanyakan saat air surut dan waktu terbaik untuk melihat jejak kaki dinosaurus tersebut.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.