Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obyek Wisata Pantai Sawarna Bisa Mendunia

Kompas.com - 14/06/2015, 12:03 WIB
LEBAK, KOMPAS.com - Obyek wisata Pantai Sawarna di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, bisa mendunia karena panorama alamnya cukup indah juga karakter gelombang relatif tinggi.

"Kami optimistis obyek wisata Pantai Sawarna yang berada di selatan Banten itu bisa mendunia," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Kabupaten Lebak, Oman Nurohman saat dihubungi di Lebak, Jumat (12/6/2015).

Ia mengatakan selama ini obyek wisata Pantai Sawarna dipadati pengunjung kebanyakan wisatawan domestik untuk mengisi liburan sekolah maupun liburan hari raya. Mereka datang dari wilayah Banten juga DKI Jakarta, Sukabumi, Bogor dan Bandung.

Saat ini, pantai Sawarna cukup dikenal dan memikat para wisatawan untuk mengunjunginya. Bahkan, wisatawan asing bermain selancar (surfing) karena gelombangnya cukup tinggi.

Kawasan Pantai Sawarna ini antara lain Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Seupang, Pantai Karang Taraje, Pantai Legon Pari, dan Pantai Pulo Manuk.

Selain itu juga terdapat obyek wisata goa, seperti Goa Lalay, Goa Langir dan lainnya. "Kami berharap pemerintah melakukan intervensi untuk mempromosikan Pantai Sawarna bisa mendunia," ujarnya.

Menurut Oman, saat ini pengunjung domestik Pantai Sawarna mencapai 10.978 wisatawan domestik dan 150 wisatawan asing.

Kelebihan pantai sebelah selatan Provinsi Banten itu karena gelombangnya cukup tinggi sehingga cocok dikembangkan wisata selancar.

Pantai Sawarna yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sangat indah karena suara deburan ombak dan angin kencang bisa menikmati keindahan panorama alam itu. "Kami berharap Pemprov Banten melakukan perbaikan infrastruktur di kawasan Pantai Sawarna, sehingga memudahkan para wisatawan mendatangi pantai itu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com