Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumsel Siap Jadi Destinasi Wisata Kuliner

Kompas.com - 16/06/2015, 14:37 WIB
PALEMBANG, KOMPAS.com - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan siap menjadikan provinsi ini sebagai salah satu daerah tujuan atau destinasi wisata kuliner terfavorit di dunia. Alasannya Sumsel memiliki aneka jenis kuliner yang cukup unik dan lezat.

"Menteri Pariwisata Arief Yahya beberapa waktu lalu mengatakan Indonesia sedang menuju destinasi wisata kuliner terfavorit di dunia, dengan mengemas potensi kuliner yang ada, optimistis Sumsel dapat menjadi salah satu daerah andalan menarik banyak wisatawan mancanegara berkunjung," kata Ketua PHRI Sumatera Selatan, Herlan Aspiudin di Palembang, Senin (15/6/2015).

Menurut dia, Provinsi Sumsel dengan 17 kabupaten dan kota memiliki aneka jenis kuliner/makanan tradisional yang memiliki kekhasan tersendiri dari masing-masing daerah.

Salah satu daerah yang cukup dikenal memiliki makanan khas yakni Kota Palembang yang dikenal dengan pempek, kerupuk kemplang, lakso, burgo, pindang, dan nasi minyak. "Bahkan pempek salah satu makanan tradisional yang menjadi ikon Kota Palembang, selain jembatan Ampera dan Sungai Musi yang selama ini menjadi daya tarik dan tidak pernah terlewatkan oleh wisatawan setiap berkunjung ke daerah ini," katanya.

Herlan menjelaskan, hotel dan restoran milik anggota PHRI Sumsel akan terus didorong untuk mengolah dan mengemas aneka jenis makanan tradisional, baik dari Kota Palembang yang sudah dikenal luas maupun dari daerah lain yang tidak kalah lezatnya namun belum terangkat ke permukaan.

Selain itu, lanjut Herlan, pihaknya berupaya mempromosikan potensi kuliner khas daerah ini ke sejumlah negara yang warganya paling banyak berkunjung ke Sumsel dengan memanfaatkan jaringan atau mitra kerja seperti biro perjalanan wisata, pengusaha hotel dan restoran yang ada di luar negeri. Beberapa negara potensial pasar pariwisata provinsi ini yang menjadi target kegiatan promosi seperti Malaysia, Singapura, dan Australia.

"Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan Sumsel menjadi salah satu destinasi wisata kuliner sehingga jumlah kunjungan wisman yang rata-rata setiap bulannya 1.000 orang bisa meningkat drastis," tambah Herlan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com