Kompas.com - 17/06/2015, 15:36 WIB
Taman Ujung di Karangasem, Bali. KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI FTaman Ujung di Karangasem, Bali.
EditorI Made Asdhiana
BADUNG, KOMPAS.com - Bebas visa kunjungan ke Indonesia untuk 45 negara diberlakukan mulai 12 Juni. Kedatangan wisatawan dari negara yang bebas visa itu rata-rata naik dari sekitar 5.000 orang per hari menjadi 6.000 orang per hari.

Hingga Senin (15/6/2015), Bandara Internasional Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, mencatat wisatawan asal Tiongkok sekitar 5.500 orang, menduduki peringkat pertama yang datang, disusul Jepang dan Inggris. Karena itu, Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Bali dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali menyambut baik pemberlakuan bebas visa kunjungan.

”Kami berharap ini menjadi angin segar untuk menggairahkan pariwisata Pulau Bali. Ini bisa meningkatkan kunjungan dan memberi dampak bagi perekonomian masyarakat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bali Anak Agung Gede Yuniartha Putra di kantornya, Denpasar, Selasa (16/6/2015).

Ia menambahkan, pihaknya optimistis pemberlakuan bebas visa mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara. Target kedatangan wisatawan asing 4 juta orang tahun 2015 akan tercapai.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Bali, kunjungan wisatawan mancanegara sekitar 1,5 juta orang di periode Januari-Mei 2015. Jumlah itu naik dibandingkan periode sama 2014 yang tercatat 1,3 juta orang.

Ketua GIPI Bali Ngurah Wijaya mengatakan, pembebasan visa di sejumlah negara memiliki dampak baik bagi pariwisata Bali. Ini mempermudah promosi Bali untuk menggaet sebanyak-banyaknya wisatawan asing.

Plt Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai, Tieldwight Sabaru, mengantisipasi segala hal terkait pemberlakuan bebas visa ini. Antisipasi itu di antaranya penambahan konter pemeriksaan paspor dari 12 unit menjadi 26 unit. ”Kami pun menyiapkan cadangan konter sebanyak 6 unit,” ujarnya. (AYS)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.