Denpasar Miliki 6 Desa Wisata Favorit

Kompas.com - 18/06/2015, 10:33 WIB
Ilustrasi: Seorang wisatawan asing berkeliling menikmati keindahan Pura Taman Ayun, Kabupaten Badung, Bali, beberapa waktu lalu. KOMPAS/AYU SULISTYOWATIIlustrasi: Seorang wisatawan asing berkeliling menikmati keindahan Pura Taman Ayun, Kabupaten Badung, Bali, beberapa waktu lalu.
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Denpasar, Bali, memiliki enam desa wisata yang diharapkan menjadi tujuan favorit wisatawan mancanegara dan domestik untuk mengunjungi dan menginap di tempat itu.

"Enam desa wisata yang dimiliki Pemerintah Kota Denpasar, yakni Desa Sanur Kauh, Desa Sanur Kaja, Kelurahan Sanur, Penatih, Desa Kertalangu, dan Kelurahan Serangan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Wayan Gunawan, di Denpasar, Rabu (17/6/2015).

Tujuan pembentukan desa wisata tersebut, menurut Gunawan, agar terjadi pemerataan pengembangan destinasi pariwisata sehingga masyarakat setempat ikut merasakan dampak secara langsung dari adanya pariwisata tersebut.

"Dampak langsung yang nantinya dirasakan wisatawan yang mendatangi enam desa wisata itu, di mana dapat berinteraksi dengan masyarakat setempat, ikut merasakan rutinitas sehari-hari dan budaya penduduk di tempat tersebut," ujarnya.

Dengan adanya desa wisata tersebut, Gunawan berharap wisatawan dapat menginap di beberapa rumah penduduk setempat dan akan muncul aktifitas ekonomi. Selain itu, wisatawan yang mengunjungi desa wisata tersebut mendapat suatu kenangan saat berinteraksi dan mengenal budaya masyarakat setempat.

"Kenangan yang didapat wisatawan dengan mengunjugi desa wisata itu selain dalam bentuk cenderamata atau benda. Namun, kesan saat berinteraksi bersama masyarakat di desa wisata itu yang menjadi pengalaman tersendiri oleh wisatawan," ujarnya.

Apabila desa wisata itu terus berkembang secara berkelanjutan, tambah Gunawan, maka secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X