Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suka Petualangan? Coba Wisata Megalitikum di Bondowoso...

Kompas.com - 18/06/2015, 12:07 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia memiliki bentang alam yang beragam mulai pegunungan, sungai, hutan, dan laut yang menjadi dapat menjadi objek wisata. Salah satu yang menawarkan bentang alam yang berbukit-bukit dengan sawah-sawah yang menghampar luas adalah Kabupaten Bondowoso. Di tengah-tengah bukit-bukit dan sawah-sawah, tersimpan wisata petualangan yang menantang para wisatawan.

“Kalau situs-situs yang paling khas, kita punya Batu Kenong di Kecamatan Grujugan. Ada situs-situs yang ngumpul. Ada beberapa situs yang mencar-mencar. Jadi dibutuhkan wisata minat khusus atau bagi yang suka petualangan,” kata Kepala Seksi Kesejarahan dan Kepurbakalaan Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Perhubungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Heri Kusdaryanto kepada KompasTravel usai acara Lokakarya Menggali Sejarah Kerajaan Cantung untuk Menemukenali Nilai Budaya dan Kesejarahan Kalimantantan di Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu (17/6/2015).

Dengan persebaran obyek-obyek wisata megalitikum di Bondowoso, wisatawan dapat bertualang untuk melihat peninggalan jaman batu besar ini. Menurut Heri, obyek-obyek wisata megalitikum tersebar di hampir seluruh kecamatan di Bondowoso. Untuk letaknya, lanjutnya, situs-situs ada yang terletak diantara sawah, bukit, lereng bukit, dan juga di kaki Gunung Argopuro.

“Selain kawasan-kawasan tersebut, ada juga di daerah Kecamatan Tapen. Di sana banyak sekali situs-situs yang bahkan belum bisa kita data. Aksesnya sulit untuk ditempuh,” katanya.

KOMPAS.COM/AHMAD WINARNO Batu Solor masih tersusun rapi dan berdiri tegak di tengah perbukitan di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Untuk daerah-daerah yang berbukit-bukit dan di lembah-lembah, para wisatawan dapat melihat pemandangan yang alami. Heri menuturkan wisatawan dapat berjalan kaki dan naik motor untuk menuju situs-situs megalitikum.

“Untuk jumlah situs megalitikum, terakhir yang kita data ada 1.123 buah. Semua tersebar di bermacam-macam bentang alam,” ujar Heri.

Untuk mengunjungi situs-situs megalitikum ini, Heri mengatakan wisatawan dapat menghubungi Seksi Kesejarahan dan Kepurbakalaan Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Perhubungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk mendapatkan pendamping. Ia mengaku pihaknya siap untuk menemani para wisatawan yang datang dan ingin menjelajah.

Bondowoso merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan dengan Situbondo di sisi utara, Banyuwangi di timur, Jember di selatan, dan Probolinggo di barat. Situs-situs megalitikum di Kabupaten Bondowoso tersebar di Kecamatan Bondowoso, Kecamatan Grujugan, Kecamatan Jambesari Darus Sholah, Kecamatan Maesan, Kecamatan Prajekan, Kecamatan Pujer, Kecamatan Tamanan, Kecamatan Tegalampel, Kecamatan Tlogosari, Kecamatan Wonosari, dan Kecamatan Wringin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com