Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Kembali Raih Predikat Awak Kabin Terbaik di Dunia

Kompas.com - 19/06/2015, 12:23 WIB
Mentari Chairunisa

Penulis

KOMPAS.com — Penghargaan “The World’s Best Cabin Crew” atau “Awak Kabin Terbaik” merupakan salah satu kategori bergengsi di World Airline Awards versi The Skytrax, lembaga pemeringkat penerbangan independen yang berkedudukan di London. Indonesia patut berbangga karena Garuda Indonesia kembali meraih predikat tersebut tahun ini. Penghargaan itu diserahkan oleh Skytrax di Paris Airshow 2015.

Penghargaan ini merupakan penghargaan kedua kalinya yang diterima Garuda Indonesia. Sebelumnya, pada 2014 lalu, Garuda Indonesia berhasil meraih penghargaan yang sama dan mengalahkan beberapa maskapai besar dunia lainnya.

Penghargaan “The World’s Best Cabin Crew 2015” tersebut dilaksanakan pada hari Selasa (16/6/2015) dalam acara The World Airline Awards 2015 yang berlangsung di tengah-tengah pameran kedirgantaraan Paris Airshow 2015 di Paris, Perancis. Award tersebut diserahkan oleh CEO Skytrax Edward Plaisted kepada Direktur Utama Garuda Indonesia, M Arif Wibowo.

“Keberhasilan Garuda Indonesia meraih kembali The World's Best Cabin Crew untuk tahun 2015 ini merupakan komitmen dan hasil kerja keras seluruh karyawan Garuda Indonesia, khususnya awak kabin kami, dalam memberikan layanan terbaik kepada para pengguna jasa. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pengguna jasa sehingga Garuda Indonesia dapat meraih kepercayaan dan penghargaan The World's Best Cabin Crew dalam dua tahun berturut-turut ini,” ujar Arif seperti dikutip dari siaran pers.

Penetapan Garuda Indonesia sebagai The World’s Best Cabin Crew 2015 tersebut didasarkan pada Customer Satisfaction Survey yang dilaksanakan oleh Skytrax secara global yang melibatkan lebih dari 18 juta penumpang. Survei dilaksanakan terhadap lebih dari 245 perusahaan penerbangan internasional, dan diselenggarakan setiap tahunnya dengan mengukur 41 aspek utama terkait produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan penerbangan.

Dok. Garuda Indonesia Direktur Utama Garuda Indonesia M Arif Wibowo bersama Menteri BUMN RI Rini Soemarno dan awak kabin Garuda Indonesia menerima penghargaan
Berkat komitmen manajemen dan karyawan Garuda Indonesia untuk terus memberikan hal yang terbaik, kinerja Garuda Indonesia secara bertahap terus diakui di tingkat internasional. Pada tahun 2012 dalam pameran kerdirgantaraan “Farnborough Airshow 2012” di London, Garuda terpilih sebagai “The World’s Best Regional Airline”.

Selanjutnya, pada pameran kedirgantaraan Paris Air Show 2013 yang dilaksanakan Juni 2013, Garuda Indonesia meraih predikat “The World’s Best Economy Class” dari Skytrax, dan pada tahun 2014 lalu Garuda Indonesia juga meraih predikat “Maskapai Bintang Lima/5-Star Airline” dari Skytrax, dan saat ini Garuda Indonesia masih menduduki posisi ketujuh dalam “The World’s Best Airlines”.

Pemberian penghargaan The World’s Best Cabin Crew dengan melihat kinerja terbaik para awak kabin di sebuah maskapai serta ketangguhan pelayanan dalam hal teknik, efisiensi, perhatian, dan lainnya. Selain ketangguhan, kecakapan, dan ketangkasan, hal lainnya yang juga dinilai adalah karakteristik kelembutan dalam pelayanan, seperti antusiasme awak kabin, sikap, serta keramahan. Di kategori ini, pemenang didominasi oleh maskapai asal Asia.

Pemenang penghargaan The World’s Best Cabin Crew World Airline Awards Skytrax:
1. Garuda Indonesia
2. Cathay Pacific
3. Singapore Airlines
4. Asiana Airlines
5. Malaysia Airlines
6. Qatar Airways
7. EVA Air
8. ANA All Nippon Airways
9. Thai Airways
10. Hainan Airlines

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com