Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar Promosikan Bebas Visa di Forum Pariwisata Internasional

Kompas.com - 21/06/2015, 19:09 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara, Menteri Pariwisata Arief Yahya mempromosikan Wonderful Indonesia di forum mancanegara yang diikuti oleh pejabat setingkat menteri-menteri pariwisata. Arief Yahya menekankan poin penting yaitu fasilitas bebas visa yang dilakukan oleh Indonesia dalam forum Tourism Ministerial of Countries along The Silk Road Economic Belt di Xian, Provinsi Shaanxi, Tiongkok, Jumat (19/6/2015).

"Melalui Perpres No 69, tanggal 9 Juni 2015, sudah membuat kebijakan bebas visa bagi 45 negara untuk datang ke Indonesia," ungkap Arief yang menjadi pembicara pertama Tourism Ministerial Meeting of Countries along The Silk Road Economic Belt dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel, Sabtu (20/6/2015).

Menpar menjelaskan, dari 45 negara yang diberikan bebas masuk ke Indonesia itu, enam di antaranya adalah anggota Silk Road Program, atau yang populer disebut Jalur Sutera, yakni Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Rusia, Italia dan Spanyol. Ia melanjutkan bahwa pada tahun 2016, Indonesia akan menambah 30 negara baru yang dapat masuk ke Indonesia bebas visa.

Pada forum tersebut, Indonesia dipandang sebagai negara strategis dalam peta kepariwisataan dunia. Tema kebijakan bebas visa langsung masuk dalam pembahasan di sesi pertama. "Kami mengundang seluruh anggota Silk Road Program untuk mendukung dan memfasilitasi kemudahan visa tersebut, agar memberi dampak yang positif untuk pertumbuhan ekonomi global,” kata Arief.

Promosi Wonderful Indonesia melalui forum-forum internasional menjadi strategis karena informasi tentang Indonesia diterima langsung oleh pembuat kebijakan di bidang kepariwisataan di negara-negara peserta forum. Promosi Wonderful Indonesia melalui forum-forum internasional menjadi strategis karena informasi tentang Indonesia diterima langsung oleh pembuat kebijakan di bidang kepariwisataan di negaranya.

Forum 1st Tourism Ministerial Meeting of Countries along the Silk Road Economic Belt itu dipimpin oleh Taleb Rifai, Secretary General of UNWTO dan Li Jinzao, Chairman of CNTA. Pada pembukaan hari kedua itu, juga dihadiri Wang Yang, Vice-Premier of China, Wang Yang, Vice-Premier of China dan seluruh menteri dan perwakilan 25 negara. Delegasi Indonesia dipimpin langsung Menteri Pariwisata Arief  Yahya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com