Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura, Destinasi Terbaik untuk Wisatawan Muslim

Kompas.com - 23/06/2015, 22:08 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Walau bukan negara dengan mayoritas berpenduduk Muslim, namun Singapura dipandang sebagai salah satu destinasi wisata Muslim terbaik di dunia. Predikat tersebut diraih Singapura dalam Matercard-Crescent Rating Globba Muslim Travel Index di tahun 2015.

Dalam penghargaan ini dinyatakan bahwa Singapura berada di peringkat teratas sebagai destinasi wisata yang ramah bagi wisatawan Muslim untuk kategori negara yang bukan anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Sementara secara keseluruhan untuk semua negara, Singapura berada di posisi kesembilan mengalahkan beberapa negara anggota OKI.

"Kami senang Singapura diberi penghargaan sebagai destinasi teratas yang ramah untuk wisatawan Muslim," ungkap Area Director of Indonesia, Singapore Tourism Board, Michele Wooi, saat temu media di Jakarta, Selasa (23/6/2015).

Di dalam peringkat 10 teratas, selain Singapura secara berurutan adalah Thailand, Inggris, Afrika Selatan, Perancis, Belgia, Hongkong, Amerika Serikat, Spanyol, dan Taiwan di urutan kesepuluh. Di tahun 2014, Singapura menerima kedatangan 3,2 juta wisatawan Muslim. Secara global, ada 108 juta wisatawan Muslim di tahun 2014.

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia berada di peringkat enam baik di kategori negara anggota OKI maupun secara keseluruhan. Di kategori anggota OKI, Indonesia kalah dengan Malaysia yang berada di peringkat pertama, disusul Turki, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Qatar. Setelah Indonesia di urutan ketujuh dan selanjutnya adalah Oman, Jordan, Moroko, dan Brunei.

Kriteria dalam survei GMTI ini meliputi beberapa faktor yaitu destinasi wisata yang ramah bagi keluarga Muslim, tingkat pelayanan untuk wisatawan Muslim, ketersediaan fasilitas bagi wisatawan Muslim, pilihan akomodasi, jumlah kedatangan wisatawan Muslim, pilihan menu dan makanan halal, dan kriteria lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com