Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2015, 16:37 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Setiap wisatawan yang berlibur di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur memiliki minat tersendiri. Apalagi, para pelaku pariwisata di Pulau Flores menawarkan berbagai obyek wisata untuk dikunjungi. Daya tarik unik yang ditawarkan memikat hati wisatawan Eropa untuk berlibur di Pulau Flores.

Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, sebagai pintu masuk wisatawan ke Pulau Flores mempromosikan sejumlah obyek wisata. Kota ini "menjual" obyek wisata Komodo di Taman Nasional Komodo dan obyek wisata menyelam dan wisata alam untuk mengelilingi kawasan Taman Nasional Komodo.

Sementara di Kabupaten Manggarai sudah terkenal dengan wisata kampung adat Waerebo dan wisata sawah Lodok atau sawah Jaring Laba-laba. Yang unik lagi adalah di Kabupaten Manggarai Timur dengan wisata Horse Trekking. Satu-satunya wisata berkuda (horse trekking) di Pulau Flores ada di Kabupaten Manggarai Timur, lebih khusus lagi di Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba.

Rabu (24/6/2015) pagi, Larrita, wisatawan dari Swiss didampingi pemandu horse trekking sekaligus pemilik Mbolata Cottage, Fransisco Huik De Rosari mengeliling Kota Waelengga menuju ke Padang Sabana Teleng dengan berkuda. Inilah salah satu keunikan yang diminati turis asing saat berwisata ke Pantai Mbolata dan menginap di Mbolata Cottage dengan wisata berkuda.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Wisatawan mancanegara di Pantai Mbolata yang berada di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.
Kepada KompasTravel, Larrita menuturkan, dirinya sangat tertarik menggunakan kuda untuk mengunjungi obyek-obyek wisata. Apalagi pemandu menawarkan mengunjungi Padang Sabana Teleng dengan berkuda. Selain itu, ada sejumlah tempat yang akan  dikunjungi dengan berkuda di sekitar Mbolata Cottage.

“Saya sangat senang berwisata ke Pulau Flores karena pulaunya sangat indah dan masih asli. Selain itu, masyarakatnya sangat ramah dengan menyapa turis. Selain itu, wisata ke Pulau Flores sangat aman,” ujarnya.

Pemandu wisata (guide) senior di Kabupaten Manggarai Timur, Fransisco Huik De Rosari kepada KompasTravel menjelaskan, salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke Mbolata adalah wisata berkuda.

"Sejak beberapa tahun lalu, saya sudah menawarkan horse trekking dengan mengunjungi obyek wisata di sekitar Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba. Saya menjual paket wisata horse trekking di buku wisata dunia sehingga setiap kali wisatawan berkunjung ke Mbolata selalu menyewa kuda milik masyarakat di sekitar Mbolata," katanya.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Kuda-kuda berlarian di Padang Sabana Mausui, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur.
Fransisco mengatakan, salah satu obyek wisata yang sangat diminati wisatawan Eropa dan domestik adalah Watu Susu Rongga yakni batu serupa dengan payudara perempuan berdiri kokoh di tengah hutan di Gunung Komba. Watu Susu Rongga memiliki cerita mistis sehingga terbentuklah dua batu berdiri kokoh.

Selain obyek wisata itu, ada juga obyek wisata Padang Sabana Mausui. Padang yang terluas di Pulau Flores dengan berbagai binatang liar seperti kuda, kerbau dan tempat penggembalaan sapi dari warga masyarakat di Kelurahan Watunggene. Ada juga obyek wisata pasir putih di Pantai Mausui.

“Satu-satunya tempat yang selalu dikunjungi wisatawan asing di Manggarai Timur adalah Mbolata. Bahkan, Mbolata sudah masuk di buku wisata dunia dan Tripadviser. Ribuan wisatawan asing sudah mengunjungi Mbolata serta berwisata di tempat-tempat unik di sekitarnya,” kata Fransisco.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+