Kompas.com - 03/07/2015, 16:11 WIB
Pengunjung memilih batik dalam bazar batik Kompas.com/MentariPengunjung memilih batik dalam bazar batik "Ngenteni Buka Ning Pasar Klewer" La Piazza Kelapa Gading
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com – Siapa yang tak kenal Pasar Klewer. Sentra batik di Kota Solo ini menawarkan aneka jenis batik, mulai dari batik tulis dan batik cap khas Solo, hingga batik dari daerah lain, seperti Yogyakarta, Pekalongan, Cirebon, Betawi, dan lainnya. Karena kelengkapannya itu, tak heran jika Pasar Klewer sering dijadikan tempat berburu batik oleh para pecinta kain nusantara.

Tak perlu jauh-jauh berburu batik di Pasar Klewer Solo, kini suasana berbelanja batik ala Pasar Klewer bisa ditemukan di La Piazza Kelapa Gading. Acara yang bertajuk “Ngenteni Buka Ning Pasar Klewer” ini juga bisa jadi salah satu alternatif ngabuburit Anda di bulan Ramadhan kali ini.

Dengan menghadirkan 36 pedagang batik langsung dari Solo, acara ini bisa dijadikan pusat berburu batik bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Tak hanya itu, acara yang digelar pada 19 Juni-5 Juli 2015 ini juga diharapkan dapat membantu perekonomian para pedagang Pasar Klewer setelah insiden kebakaran yang terjadi Desember 2014 silam.

“Saya bersyukur dengan acara ini dan biar promosi sampai Jakarta, walaupun sudah kebakar habis, tapi (para pedagang Pasar Klewer) masih ada,” kata pemilik Batik Rejo Sari, Christandy Suryanto, kepada KompasTravel, Sabtu (27/6/2015).

Selain menghadirkan para pedagang batik dari Solo, pameran batik eksklusif dari batik Danar Hadi, Djawa, Puro Mangkunegaran, dan Buana Alit Gallery juga hadir di acara ini. Ada juga aneka macam kerajinan khas Yogyakarta yang juga bisa Anda jumpai di sini.

Usai ngabuburit dengan berburu batik, pengunjung bisa langsung berburu aneka ragam kuliner khas Solo, seperti Makobar (Martabak Kottabarat), Nasi Liwet & Ayam Goreng Kampung Solo Asli Ny. Lany, Srabi Solo Notosuman Ny. Handayani, Selat Segar Galantin & Nasi Langgi Solo, dan aneka macam kuliner lainnya.

Sambil menikmati aneka sajian kuliner, pengunjung akan ditemani alunan musik gamelan dan juga iringan musik keroncong yang dibawakan musisi-musisi keroncong ternama di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.